hero
Presiden Jokowi di Mojokerto. (ANTARA/Syaiful Arif)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

10 September 2017, 19:10 WIB

MOJOKERTO, INDONESIA

Presiden Joko Widodo menegaskan tidak akan membiarkan upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi. Presiden mengatakan, KPK sebagai lembaga yang diberi amanat Undang-Undang untuk memberantas korupsi, justru harus terus diperkuat.

"Perlu saya tegaskan bahwa saya tidak akan membiarkan KPK diperlemah. Oleh sebab itu kita harus sama-sama menjaga KPK," ujar Presiden usai meresmikan ruas jalan tol Kertosono Mojokerto Seksi II dan III Jombang-Mojokerto Barat di Gerbang Tol Mojokerto, Minggu, 10 September 2017.

Presiden menjelaskan, KPK merupakan lembaga yang dipercaya rakyat untuk memberantas korupsi. "KPK sebagai sebuah institusi sangat dipercaya masyarakat, ya harus kita perkuat. Harus itu, harus kita perkuat untuk mempercepat pemberantasan korupsi," tuturnya.

Presiden Jokowi (tengah) saat peresmian jalan tol Jombang-Mojokerto di gerbang tol Mojokerto, Jawa Timur. (ANTARA/Syaiful Arif)

Presiden juga mengingatkan bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa. "Oleh sebab itu harus kira berantas. Harus kita lawan yang namanya korupsi," jelas Presiden.

Sebelumnya, Henry Yosodiningrat, anggota Pansus Hak Angket KPK di DPR, meminta agar KPK dibekukan sementara. Permintaan itu, berdasarkan temuan-temuan yang didapatkan pansus sejauh ini.

Menurut politikus dari Fraksi PDI Perjuangan itu, pansus menemukan banyak pelanggaran hukum yang dilakukan KPK. Dia menilai perlu penataan ulang besar-besaran pada KPK. Menurutnya, semua kewenangan menuntut dan menyidik perkara yang selama ini dijalankan KPK, untuk sementara waktu dikembalikan ke Kejaksaan dan Polri.

Henry Yosodiningrat (kiri) di DPR. (dpr.go.id)

Sementara Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya tidak pernah meminta atau mengusulkan pembekuan KPK. Hasto meluruskan adanya pernyataan anggotanya terkait pembekuaan sementara KPK.

"Partai tidak berada pada posisi meminta pembubaran atau pembekuan. Rekomendasi yang dipersiapkan partai tetap bertitik tolak pada tugas KPK di dalam mencegah dan memberantas korupsi," kata Hasto dalam pernyataan tertulisnya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan) di Jakarta, Agustus 2017 lalu. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Hasto menambahkan, PDI Perjuangan menginstruksikan kepada seluruh anggota Pansus dari Fraksi PDI Perjuangan untuk lebih mengedepankan berbagai gagasan positif terkait dengan fungsi pengawasan dan peningkatan kinerja KPK.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments