hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 September 2017, 14:00 WIB

INDONESIA

Selulit sering kali jadi salah satu masalah di tubuh yang bikin enggak pede. Tapi, kamu jangan sedih dulu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir selulit. Bright Side merangkum tujuh cara yang dinilai efektig mengurangi selulit. Syaratnya, kamu harus mendedikasikan waktu sekitar satu jam sehari untuk menghilangkannya.

7. Mandi dengan Garam Laut

BRIGHT SIDE

Caranya, siapkan air hangat untuk mandi dengan suhu sekitar 43 C dan tambahkan 200-500 gram garam laut ke dalamnya. Jika kamu mau meningkatkan efek anti-selulitnya kamu bisa menambahkan lebih banyak garam lautnya. Rendam bagian bawah tubuh kamu dari pinggang ke bawah. Kamu bisa langsung membilasnya setelah berendam, atau biarkan selama 30 menit. Selesaikan dengan pijat ringan tubuh kamu . Kamu dapat melakukan cara ini seminggu sekali dengan durasi 15-20 menit. Kurangi durasinya jika kamu merasakan iritasi kulit.

6. Scrub Tubuh Organik

BRIGHT SIDE

Scrub yang terbuat dari bahan alami dapat meningkatkan sirkulasi darah, menjadikan kulit kamu halus dan sehat. Ada beberapa cara meracik scrub alami, yaitu dengan mencampur 1 cangkir garam laut ditambah 1/4 cangkir minyak zaitun. Atau satu lagi yang mudah dan efektif, campurkan 1 cangkir kopi bubuk atau kopi bubuk yang dicampur dengan 1 cangkir gula atau garam ditambah beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan scrub setelah kamu menghangatkan kulit kamu. Pijat menggunakan gerakan melingkar dari bawah ke atas. Kamu bisa menggunakan scrub selulit ini dua kali seminggu dengan durasi 10 menit.

5. Olah Raga

Ilustrasi olah raga.

Cara efektif untuk melawan selulit adalah dengan menggabungkan diet sehat dan latihan fisik. Mulailah dengan program ABL (tersedia di gym manapun). Program ini termasuk latihan kardiovaskular dan kekuatan yang menargetkan perut, bokong, dan kaki kamu (ABL). Atau kamu juga bisa mencoba latihan sendiri di rumah.

Caranya: Letakkan tangan kamu di lantai (posisi yang sama seperti saat melakukan push-up). Selanjutnya, tekuk kaki kanan kamu, dan bawalah lutut ke perut. Lalu luruskan kaki Anda, dan angkat 5-8 inci dari lantai. Ulangi dengan kaki kiri Anda. Lakukan 3 set 8 repetisi.

Frekuensi: Setiap 2 hari berolahraga selingi dengan 1 hari istirahat. Kamu bisa melakukan program latihan ini dengan durasi 40 menit, selama 4-5 kali seminggu.

4. Minyak Zaitun dan Minyak Ikan

Minyak zaitun dan minyak ikan kaya akan asam lemak tak jenuh yang membantu tubuh kamu mengatur metabolisme lipid sambil melembabkan kulit kamu dan meningkatkan ketegangannya. Kamu bisa meminum 1 sdm ekstrak minyak zaitun murni setiap pagi. Sedangkan untuk minyak ikan, kamu bisa mengkonsumsi beberapa kapsul minyak ikan selama satu bulan dalam setahun dan akan memberi keajaiban bagi kulit kamu. Cara terbaik adalah mengonsumsi kapsul minyak ikan bersama dengan makanan.

3. Diet Sehat dan Asupan Air

Perbanyak protein, serat, karbohidrat kompleks, dan produk lain yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Salah satu hidangan yang sempurna adalah menggabungkan ayam, jamur, dan brokoli sehingga makanan tersebut mengandung banyak protein, serat, dan vitamin tapi hanya 300 kalori per 100 g.

Jaga juga asupan air minum minimal 1,5-2 liter perhari.  Air yang merupakan bahan penting dalam sistem limfatik kita. Ingat bahwa salah satu alasan utama terbentuknya selulit adalah penurunan kadar air di getah bening.

2. Minuman Penambah Metabolisme

Pakar nutrisi menganggap jahe sebagai salah satu produk makanan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Jahe mengurangi pembengkakan dengan membuang kelebihan cairan dari tubuh. Lemon juga termasuk dalam daftar mereka. Lemon bekerja di ginjal dengan membantu menghilangkan racun, dan mengatur pencernaan. Kamu bisa membuat minuman dengan campuran air, ½ jus dari lemon, dan ½ jahe yang sudah diparut. Minuman ini dapat dikonsumsi setiap hari.

1. Mandi dan Pijat Kontras

Gunakan sarung tangan mandi pengelupas untuk memijat area selulit setiap kali kamu mandi. Mulai dari kaki, dan bergerak ke atas ke pinggul dan pantat menggunakan gerakan melingkar. Pijat lengan kamu dari pergelangan tangan ke bahu, lalu pergilah ke perut, dada, dan punggung.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan menggunakan air panas dan dingin secara bergantian. Air dingin dan panas yang digunakan secara bergantian dapat meningkatkan sirkulasi darah kamu dan membuat kulit kamu halus dan lembut.

Cara melakukan hidroterapi panas dan dingin dengan durasi 10 menit:

- Mulailah dengan air hangat.

- Perlahan naikkan suhu hingga panas, dan berdiri di bawah air selama 30-90 detik.

- Ubah suhu menjadi dingin. Berdiri di bawah air dingin selama 30-90 detik.

- Ganti air panas dan dingin sebanyak 3-5 kali.

- Selalu selesaikan dengan air dingin.

- Jika kamu merasa berenergi setelah mandi, itu berarti kamu telah melakukannya dengan benar. Mulailah dengan air hangat dan dingin, lalu perlahan kurangi perbedaan suhu dari air yang digunakan. Selamat mencoba! Lakukan rutin setiap hari, maka dalam sebulan, kamu akan merasakan hasilnya!

BRIGHT SIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments