hero
(NYTIMES)

EDITOR : REZA ADITYA

8 September 2017, 15:30 WIB

MEKSIKO

Sedikitnya lima orang dilaporkan tewas dalam musibah gempa yang mengguncang pantai selatan Meksiko pada Jumat, 8 September dinihari. Lindu berkekuatan 8,1 skala richter itu menghancurkan sebagian bangunan yang ada di Meksiko City.

Keterangan Badan Geologi Amerika Serikat seperti dilansir di Reuters, menyebut pusat gempa berada di lepas pantai bagian selatan Meksiko. Jaraknya 123 kilometer dari kota Pijjijiapan. 

 

 

Pergeseran lempeng itu berada di kedalaman 69 kilometer dari permukaan bumi. Presiden Meksiko Enriqe Pena Nieto mengatakan goncangan gempa kali ini lebih kuat dari tahun 1985 yang meluluh lantakkan seluruh negaranya.

Dia meminta seluruh warga dievakuasi dan petugas penyelamat dikerahkan. Enrique juga meminta rakyatnta mewaspadai ancaman tsunami pascagempa tersebut.

 

 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PWTC)menyebut gelombang setinggi 0,7 meter sudah menghantam Meksiko. "Dalam waktu tiga jam setelah gempa, dipredikisi akan ada tsunami besar," demikian laporan PWTC.

PWTC juga mengeluarkan peringatan tsunami kepada sejumlah negara di sekitar Meksiko, seperti Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama dan Honduras dan Ekuador.

Sejumlah warga mengabadikan goncangan luar biasa yang terjadi dalam waktu sekitar tiga menit. Mereka lari berhamburan dari rumah dan apartemennya.

REUTERS | STRAITS TIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments