hero
(NET.Z/Sayid Mustaghfirin)

EDITOR : REZA ADITYA

7 September 2017, 15:30 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Amerika Serikat mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) membekukan seluruh aset pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un yang berada di luar negeri. AS ingin memiskinkan Jong-un.

"Semua itu tertuang dalam resolusi yang disusun oleh pemerintah AS," demikian pernyataan pemerintah Negeri Paman Sam, seperti dilansir BBC, Kamis, 7 September 2017.

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (MIRROR)

 

BACA JUGA:
Kim Jong-un Minta Perang
Bom Hidrogen Korut Berdaya 1000 Kali Lebih Besar dari Bom Atom
Siapa yang Mendanai Misi Nuklir Korea Utara?

Beleid itu beredar pada Rabu kemarin. Isinya adalah paket baru sanksi untuk Korea Utara. Selain membekukan aset Jong-un, Amerika juga meminta seluruh negara menerapkan embargo minyak ke Pyongyang.

Ada dua negara yang selama ini menjadi pemasok minyak ke Korea Utara, yaitu Cina dan Rusia.  Jika distribusi minyak disetop, negara totaliterisme itu diprediksi akan kolaps.

Paket resolusi itu bahkan menyarankan semua negara melarang diaspora Korea Utara mendapat pekerjaan. Tak hanya itu, AS mengusulkan kepada seluruh anggota PBB menyetop pembelian produk tekstil Negeri Juche.

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengecek bom hidrogen. (KCNA)

 

Paket sanksi itu sebagai respons atas uji coba bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara pada Ahad kemarin. Amerika geram negeri sosialis itu selalu membuat onar dan mengancam perdamaian dunia.

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley pada Senin kemarin mendesak Dewan Kemanan untuk segera bertindak. Musababnya, Kim Jong-un sudah di luar batas kesabaran negaranya dan sekutu.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley. (REUTERS/Stephanie Keith)

 

Sejak tahun 2006, Korea Utara sudah enam kali melakukan uji coba bom nuklir. Negara-negara barat khawatir tes senjata itu berakhir dengan peperangan. 

Untuk itulah Amerika dan para sekutunya melalui PBB ingin memiskinkan rezim Kim Jong-un. Caranya, memberikan sanksi baru yang lebih ekstrem: memutus semua perdagangan dengan 

AL JAZEERA | BBC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments