hero
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

5 September 2017, 13:00 WIB

KOREA UTARA

Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-bangsa Nikki Haley menyebut pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un haus perang. Haley menganggap Jong-un meminta perang dengan Amerika dan sekutunya segera dimulai.

"Peluncuran rudal dan juga uji coba senjata nuklirnya mengindikasikan bahwa mereka mengemis untuk segera perang," kata Haley, dalam rapat dengan Dewan Keamanan PBB, Senin, 4 September 2017 waktu setempat.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley. (REUTERS/Joe Penney)



BACA JUGA:
Ini Alasan Jong Un Tembakkan Rudal Lintasi Jepang
Nenek Penyiar Berita Ini Umumkan Uji Coba Nuklir Korut​

Pernyataan Haley dilontarkan di hadapan rapat Dewan Keamanan PBB untuk merespons uji coba nuklir keenam Korea Utara pada Ahad kemarin. Menurut Haley, arogansi Kim Jong-un harus segera dihentikan.

"Ini sudah lebih dari cukup," kata Haley. "Kami telah melakukan berbagai tahapan pendekatan dan terlepas dari niat baik, itu tidak berhasil.

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong un memantau pabrik bom hidrogen. (KCNA/REUTERS)

 

Haley mengatakan negaranya tidak berharap perang dengan Korea Utara. "Tapi kesabaran kami ada batasnya. Kami harus melindungi negara kami dan para sekutunya."

Menurut Haley, pekan depan Dewan Keamanan akan mengambil sikap untuk menjinakkan Jong-un tanpa melalui peperangan. "Saya pikir Korea Utara akan menampar semua orang di dunia ketika dipaksa berhenti proyek nuklirnya."

Rudal balistik Korea Utara. (KCNA/REUTERS)

 

Dalam sepekan terakhir, Jong-un memamerkan persenjataan militernya. Pada akhir Agustus kemarin, Korea Utara menembakkan rudal yang melintasi wilayah udara Jepang.  Insiden itu mengundang kecaman dari berbagai penjuru.

Pada Ahad kemarin, Korea Utara lagi-lagi unjuk gigi. Negeri Juche itu uji coba bom hidrogen berdaya 100 kiloton. Sejumlah negara megecam tindakan Jong-un.

CNN | BBC |

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments