hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

5 September 2017, 14:00 WIB

KOREA UTARA

Di tengah sanksi ekonomi PBB, Korea Utara mengklaim telah sukses menguji coba bom hidrogen berdaya ledak 100 kiloton. Rezim Kim Jong-un mengaku, bom berkekuatan 6,3 magnitudo itu adalah uji cobanya yang ke enam dalam beberapa tahun terakhir.

Selain program nuklir, Kim Jong-un juga masih terlihat gagah dengan kehidupan glamornya yang menghabiskan banyak anggaran negara. Narasi yang kemudian muncul adalah: dari mana Korea Utara memperoleh uang jutaan dolar untuk membiayai infrastruktur nuklir dan gaya hidup sang diktator?

Dikutip dari CNN, Korea Utara memperoleh uang ratusan juta dolar melalui cara-cara curang. Mereka membajak bank, menjual viagra, sabu-sabu, dan spesies-spesies makhluk terancam punah.

Kim Jong-un sedang menginspeksi pekerja program nuklir Korea Utara di Pyongyang. (KCNA)

Tak hanya itu, uang ratusan juta dolar juga diperoleh dari penjualan senjata gelap dan uang kertas palsu. Dalam setahun, Korea Utara mengumpulkan pundi-pundi sedikitnya 1 miliar dolar AS dari beragam transaksi gelap tersebut. 

Dikutip dari Express, skema pengumpulan uang dijalankan oleh organisasi underbow Partai Pekerja Korea bernama Biro Komite Pusat 39. Selain digunakan untuk misi senjata nuklir,  uang juga mengalir untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari Jong-un, seperti pembelian alkohol, keju Swiss, mobil mewah, dan kapal pesiar.

Transaksi perdagangan internasional mengungkap, Korut mengimpor alkohol senilai 1 juta dolar AS untuk memuaskan hasrat Jong-un. Jumlah ini meningkat 10 kali lipat jika dibanding setahun sebelumnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Korut mengaku telah sukses menguji coba rudal sebanyak enam kali. (KCNA)

Jong-un yang tadinya penggemar berat Vodka Rusia beralih ke Anggur Prancis. Dari seluruh total penjualan, ia hanya menganggarkan 139 ribu dolar AS untuk Vodka. 

Jong-un juga menghabiskan 2,7 juta dolar AS untuk pakaian dalam para wanita penghiburnya. Ia membeli sepasang korset dan lingerie dari Cina dua kali lipat lebih banyak dibading tahun lalu. 

CNN | EXPRESS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments