hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 September 2017, 09:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Saat kencan dengan seseorang, urusan traktiran alias bayar-membayar biasanya jadi hal penting yang dipikirkan. Ada pasangan yang selalu mengutamakan pihak cowok untuk membiayai acara kencan. Tapi ada juga yang bergantian bayar, antara si cewek dan cowok.

Tapi apa harus selalu cowok yang mengeluarkan uang untuk menonton film atau makan di restoran favorit kalian? Nyatanya, di Indonesia masih banyak orang yang menilai kalau laki-laki lah yang sebaiknya memenuhi kebutuhan finansial. Apalagi nantinya, para pria bakal menjadi kepala rumah tangga yang memimpin keluarga.

(Pixabay)

Menurut psikolog Pingkan Rumondor, survei di Amerika juga menunjukkan hal sama. Yaitu para lelaki lah yang lebih sering membayar berbagai kebutuhan saat kencan dengan pasangannya. Hal tersebut sesuai dengan prinsip psikologi evolusi, dimana perempuan berperan besar dalam hal reproduksi seperti hamil dan melahirkan. Sementara pria bertanggungjawab menjamin kelangsungan hidup keluarga, termasuk dalam hal keuangan.

Tapi di sisi lain, kondisi zaman sudah mengalami perubahan. Buktinya ada banyak pasangan yang kedua pihaknya, yaitu laki-laki atau perempuan, sama-sama bekerja untuk kebutuhan finansial mereka. Hal tersebut ikut berpengaruh dalam urusan membiayai acara kencan.

(Pixabay)

Akhirnya tidak sedikit pasangan yang saling bergantian bayar. Misalnya, di kencan pertama si cowok yang bayar. Terus di kencan kedua, gantian pihak cewek yang mentraktir pasangannya. Intinya, tidak ada jawaban pasti tentang siapa yang seharusnya membiayai kencan.

Nah, buat yang masih pusing dengan urusan traktiran, ada beberapa tips nih dari psikolog Pingkan Rumondor. Berikut tiga tipsnya sesuai tahap kencan kamu:

1.       Untuk para cowok, bersiaplah membayar kebutuhan di acara kencan pertama kamu. Seperti membeli tiket film dan makanan. Cara ini menunjukkan sikap kalau kamu siap bertanggungjawab. Sementara untuk cewek, kamu bisa membayar kebutuhan lain seperti membeli minuman atau membayar tiket parkir.

2.       Di kencan kedua, pihak cewek bisa bergantian mentraktir. Tindakan ini menunjukkan kalau kamu siap berbagi berbagai hal dengan pasangan dan enggak melulu menuntuk cowok kamu dalam hal materi. Di momen ini, pihak cowok juga tidak perlu gengsi. Dengan memberi kesempatan cewek kamu buat membayar, berarti kamu menunjukkan emansipasi dalam hal gender.

3.       Untuk kencan-kencan berikutnya, kamu dan pasangan bisa saling bergantian membayar. Dalam kondisi tertentu kalian juga dapat mendiskusikan hal ini agar tidak ada pihak yang merasa dimanfaatkan. Perhatikan juga etika dan sopan-santun agar hubungan kalian tetap sehat.

(Pixabay)

Urusan keuangan saat kencan bisa jadi faktor yang mempengaruhi interaksi kamu dan pasangan. Buktinya menurut riset di Amerika, 44% cowok di sana akan berhenti kencan dengan cewek yang tidak menunjukkan tanda-tanda membantu bayar kebutuhan kencan.

Tentunya kamu ingin hubungan sama pasangan tetap awet kan? So, sebaiknya kalian cukup tahu diri dan mengerti kondisi masing-masing. Apalagi buat yang masih pacaran, perlu diingat juga kalau pasangan kamu belum wajib memenuhi kebutuhan finansial kamu. Tapi hal ini bisa didiskusikan untuk tahu peta keuangan kalian nantinya, saat sudah memasuki tahapan yang lebih serius.

INDONESIA MORNING SHOW NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments