hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 Agustus 2017, 17:05 WIB

VIETNAM

Di Indonesia, ada nama-nama khas yang menunjukkan asal daerah seseorang. Seperti Asep dari Jawa Barat, Teuku dari Aceh, Wayan dari Bali dan banyak lagi. Hal ini juga terjadi di Vietnam yang sebagian besar masyarakatnya bernama Nguyen.  

Nah, Nguyen memang nama yang nge-tren di negara Asia Tenggara tersebut. Setidaknya ada 40% atau sekitar 38 juta warga Vietnam yang memiliki nama keluarga Nguyen. Label ini juga tetap melekat pada warga Vietnam yang merantau ke negara lain.

Buktinya, menurut data Australian Associated Press, nama belakang Nguyen ada di urutan ke-7 terbanyak di Negeri Kanguru itu. Popularitas Nguyen bersaing dengan nama khas lain seperti Kim dan Park dari Korea, Singh dan Patel dari India, serta Smith dan Jones dari negara-negara Anglo-Saxon.

Orang vietnam. (Volunteering Solution)

Konon, nama Nguyen berasal dari bahasa Mandarin yaitu Ruam atau  Yuen dalam bahasa Kanton. Orang-orang dengan nama belakang Nguyen bahkan menguasai Vietnam sejak awal abad 19 hingga akhir perang dunia ke-2, yaitu pada tahun 1802-1945.

Dinasti tersebut terus berkuasa hingga raja terakhirnya yang bernama Nguyen Phuc Vinh Thuy atau Bao Dai. Sebagai penguasa, Dinasti Nguyen ‘menghadiahkan’ nama ini ke sebagian besar warganya. Jadi enggak heran kalau ada banyak banget orang Vietnam yang punya nama Nguyen.

Terus, apa semua orang yang bernama Nguyen berarti keturunan kerajaan? Ternyata jawabannya, tidak. Secara umum nama tersebut tidak merujuk pada strata sosial, kekayaan atau identitas apapun. Melainkan hanya menunjukkan kalau orang tersebut berdarah Vietnam.

Orang Vietnam. (Vietnam Travel Guides)

Tapi hal ini tidak berlaku kalau nama Nguyen disandingkan dengan nama tengah yang menunjukkan marga seseorang. Karena ada marga tertentu yang menunjukkan status sosial seseorang.

Misalnya nih, nama Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung, ‘Nguyen’ berarti nama keluarga, ‘Tan’ merujuk pada marga, sementara ‘Dung’ adalah nama personalnya. Jadi seseorang yang bermarga ‘Tan’ menunjukkan ada hubungan kekerabatan dengan perdana menteri tersebut.

Selain di Vietnam, kelompok Nguyen juga tersebar di berbagai belahan dunia termasuk Amerika Serikat. Bahkan enggak sedikit juga yang menjadi profesional di Negara Paman Sam. Seperti aktor Dustin Nguyen, presenter Betty Nguyen dan film director Steve Nguyen. Sambil berprestasi di berbagai belahan dunia, mereka tetap setia sama nama Nguyen yang jadi warisan nenek moyangnya.

IB TIMES | ATLAS OBSCURA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments