EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 Agustus 2017, 09:05 WIB

ARAB SAUDI

Biasanya di Indonesia, seseorang akan butuh waktu untuk pergi haji. Selain karena alasan ekonomi, ada juga urusan kuota yang membuat para calon haji harus antre terlebih dulu. Tapi hal ini tidak dirasakan oleh delapan muslim asal Inggris yang pergi haji dengan bersepeda.

Rombongan berangkat dari London, Inggris pada pertengahan Juli lalu. Dari titik awal di East London Mosque, delapan pria ini terus mengayuh sepedanya menuju Madinah, Arab Saudi.

Mereka menempuh jarak 3500 kilometer sambil melalui tujuh negara, seperti Jerman, Perancis, Yunani dan Mesir. Selama di perjalanan, delapan pesepeda ini mendapat dukungan dari masyarakat di tempat-tempat yang mereka singgahi.

Selain harus menjaga stamina, para pesepeda ini juga harus bertahan di bawah terik matahari. Terutama setelah memasuki dataran Arab. Akhirnya setelah 33 hari, rombongan Hajj Ride pun tiba di Madina.

”Di sinilah kami, di Madinah. Masya Allah, polisi Arab Saudi mengawal kedatangan kami semua,” kata Don Whyte, salah satu anggota Hajj Ride dalam vlog mereka. “Alhamdulillah, sangat mengharukan.”

Hajj Ride mendapat reaksi positif dari berbagai kalangan. Apalagi aksi yang diigerakkan oleh yayasan amal Human Aid UK ini punya tujuan positif. Yaitu menggalang dana untuk korban perang di Suriah. Melalui Hajj Ride, diharapkan akan terkumpul dana sebesar 500 ribu poundsterling atau sekitar Rp 8,5 miliar.

YOUTUBE: HUMAN AID UK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments