hero
(INSTAGRAM/batik_keratonsolo)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Agustus 2017, 12:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Batik adalah jenis kain yang merupakan warisan dari kebudayaan Indonesia. Kini, kain jenis ini kembali menjadi tren. Batik juga sering dijadikan outfit pilihan untuk menghadiri acara formal ataupun semi formal. Karena banyaknya pilihan corak dan warna yang ada pada batik, terkadang membuat kita bingung dalam memilih yang cocok untuk dikenakan, khususnya bagi para pria.

Nah, buat kamu yang berencana ingin menggunakan atau membeli baju batik, ada lima hal yang harus diperhatikan terlebih dulu. Apa saja itu? Let's check this out!

JENIS DAN BENTUK

 

Sold out ????????

A post shared by Batik Keraton Solo (@keraton_batiksolo) on

Untuk menentukan bentuk batik apa yang cocok untuk dikenakan, ada baiknya  kamu mengetahui jenis acara yang akan kamu datangi agar tidak salah kostum.

Buat kamu yang ingin menghadiri acara yang semi formal, kamu bisa memilih batik dengan jenis kemeja lengan pendek, polo t-shirt, dan kombinasi berbagai corak batik. Sedangkan untuk batik yang terkesan formal, kamu bisa memilih kemeja dengan model yang simple dan minimalis.

BAHAN

Yang membedakan dari kualitas suatu batik adalah bahan yang digunakan. Bahan kain untuk membuat batik pun sangat beragam. mulai dari kain sutra sampai kain katun biasa.

Kamu bisa memilih batik dengan bahan kain sutra untuk menghadiri acara formal. Karena kain sutra mampu memberikan kesan elegan. Dan kalau kamu ingin mendatangi acara yang lebih santai, kamu bisa memilih batik dengan bahan katun agar terlihat lebih casual.

WARNA

Satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih batik adalah warna yang menjadi dominan dari batik tersebut. Warna dasar inilah yang bisa kamu jadikan sebagai patokan agar cocok dipadupadankan dengan outfit lainnya.

Buat kamu yang ingin menghadiri acara lebih santai, kamu bisa memilih batik dengan warna terang seperti biru, kuning, hijau, dan putih. Sedangkan untuk acara yang formal, kamu dianjurkan memilih batik dengan warna yang lebih gelap seperti hitam, coklat, maroon, dan navy.

PEMILIHAN CELANA

 

Koleksi baru kami , batik klasik motif padi ready stock all size lengan pendek dan panjang ????????

A post shared by Batik Keraton Solo (@keraton_batiksolo) on

Dalam memilih batik juga tidak bisa lepas dari pemilihan celananya. Jika batik kamu berwarna terang, pilih celana dengan warna hitam, cokelat, atau navy. Dan jika baju batik kamu berwarna gelap, pilihlah celana dengan warna terang seperti abu-abu. Enggak hanya celana bahan, kamu juga bisa kok memilih celana jenis chinos ataupun jeans untuk acara santai.

MOTIF

Sebelum kamu menentukan motif baju batik apa yang akan dipilih, perhatikan dulu jenis acara apa yang akan kamu hadiri. Untuk acara yang casual, biasanya motif yang cocok adalah corak flora ataupun fauna. Sedangkan untuk acara formal, pilih corak batik yang lebih soft untuk menambahkan kesan elegan.

I LOOK 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments