Lincah dan doyan makan. Seperti itulah Alba, orangutan albino menghabiskan hari-harinya saat ini. Alba sudah tiga bulan menjalani rehabilitasi di Pusat Reintroduksi Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) di Nyaru Menteng, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Alba terus menunjukkan kemajuan pesat. Kini, ia sudah bisa beradaptasi dengan hangatnya sinar mentari. Meski penglihatannya hanya berfungsi dalam radius 5 meter, Alba sudah mulai lincah memanjat pohon. Ia pun tak canggung berinteraksi dengan orangutan lainnya.

Alba yang berusia 5 tahun itu juga telah lulus serangkaian tes kesehatan. Ia dinyatakan bebas dari penyakit hepatitis A, B, dan C. Jantung dan paru-paru Alba juga berfungsi baik. 

CEO BOS Foundation Jamartin Sihite mengatakan pihak yayasan mulanya khawatir Alba yang albino tidak diterima kelompok orangutan lainnya. Namun itu tidak terbukti. Alba dan orangutan lainnya mampu beradaptasi dengan baik.

"Orangutan lain bisa menerima Alba apa adanya. Mereka bisa berteman. Dia berpotensi kita lepasliarkan ke hutan karena tidak ada penolakan dari orangutan lainnya," kata Jamartin di Palangka Raya, Jumat, 18 Agustus 2017 silam.

Dalam jangka pendek, Jamartin berencana membuat pulau khusus untuk Alba dan teman-teman yang bisa menerimanya. "Kalaupun dia tidak bisa dilepasliarkan ke hutan lebat sana, dia akan kembali ke hutan yang bisa kita jaga dan jamin keamanannya," tambah Jamartin.

Alba diselamatkan pada 29 April 2017 lalu di Desa Tanggirang, Kapuas Hulu, Kalimantan Tengah. Ia ditemukan dalam keadaan stres, dehidrasi, menderita infeksi parasit dan tidak menunjukkan nafsu makan yang sehat. Hari-hari awal di Nyaru Menteng ia hanya mau makan tebu. Setelah dirawat Alba mulai menerima lebih banyak variasi makanan, seperti buah-buahan dan susu. Kondisinya berangsur membaik dan berat badannya bertambah.

BOSF juga menggelar kampanye untuk memberi nama kepada orangutan albino tersebut. Nama Alba terpilih menyisihkan nama lainnya. Dalam bahasa Latin Alba berarti ‘putih’. Sedangkan dalam bahasa Spanyol, Alba berarti ‘fajar’.

TOPAN SETIAWAN
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments