hero
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (NET/Anggi)

EDITOR : REZA ADITYA

19 Agustus 2017, 16:40 WIB

INDONESIA

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly membantah mengobral remisi untuk terpidana di hari kemerdekaan. Menurut dia, keputusan pemberian pengurangan hukuman bagi terpidana sudah diperhitungkan matang.

"Hak seseorang jangan kita batasi, kalau suatu saat juga tertimpa pada diri kita, diambil orang itu kita pasti marah," kata Laoly, Sabtu, 19 Agustus 2017. "Sepanjang itu diperlukan sesuai dengan ketentuan undang-undang kita harus berikan."

Sejumlah narapidana menari dan bernyanyi usai pemberian Remisi kepada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sorong, Kota Sorong, Papua Barat. (ANTARA)

 

Di hari kemerdekaan RI ke-72, Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi kepada 92.816 narapidana dari berbagai kasus di seluruh Indonesia.  Sebanyak 90.372 pesakitan mendapat pengurangan hukuman dan 2.444 narapidana bebas.

Dari jumlah itu, 400 di antaranya merupakan pesakitan kasus korupsi, 35 narapidana kasus terorisme, dan 14 ribu terhukum kasus narkotika.

Laoly berpendapat pengurangan hukuman itu juga untuk menekan anggaran negara hingga Rp 102 miliar per tahunnya. "Rupiah demi Rupiah untuk mengatasi over kapasitas. Mengingat kondisi lapas kita masih memprihatinkan."

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyerahkan remisi secara simbolis kepada perwakilan dari 519 narapidana. (ANTARA)

Politikus PDI Perjuangan itu ogah dianggap pemberian remisi dilakukan asal-asalan hanya karena untuk mengurangi anggaran. Menurut dia, narapidana yang dikurangi hukumannya atau dibebaskan berdasarkan proses penilaian.

"Saya kira kalau suruh orang berbuat baik pada manusia, pasti ada pertobatan." ujar dia. "Karena masyarakat kita membuat orang membina, bertaubat."

AZ ZACHRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments