hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 Agustus 2017, 08:45 WIB

INDONESIA

Merdeka! Perayaan 17 Agustus baru aja lewat, tapi kemeriahannya enggak berhenti sampai di hari H aja. Usai acara 17-an, deretan lomba menunggu. Salah satu yang selalu ada, yaitu lomba membuat nasi tumpeng! Biasanya diadakan di tingkat Rt, Rw atau sekolah.

Kenapa nasi tumpeng? Karena  nasi tumpeng sudah sangat lekat dengan masyarakat Indonesia, sebagai simbol rasa bersyukur. Ini terlihat dari bentuk nasi tumpeng yang seperti dua tangan yang sedang menyembah atau berdoa kepada Tuhan. Nah, selain fakta bentuk kerucut yang bermakna seperti itu, masih banyak fakta menarik lain soal nasi tumpeng.

Nasi tumpeng lengkap dengan lauknya.
 
Ayam goreng, salah satu lauk yang selalu ada di nasi tumpeng. 
 

Nasi tumpeng dipadankan 7 macam lauk, dan jumlah macam lauk ini ada maknanya juga, loh. 7 macam lauk, g dalam bahasa Jawa, 7 artinya “pitulungan” atau pertolongan. Ini simbol meminta pertolongan kepada Tuhan YME. Dan, kehadiran ragam lauk ini juga ada aturannya, loh, yaitu:

1.Lauk yang berasal dari hewan, seperti ayam atau daging, yang diolah menjadi ayam goreng, empal dan lain-lain.

2.Lauk yang berasal dari umbi-umbian, seperti kentang yang diolah menjadi sambal goreng kentang atau perkedel.

3.Lauk yang berasal dari kedelai, seperti tempe yang diolah menjadi tempe orek.

4.Lauk yang berasal dari sayur-sayuran, seperti kacang panjang yang bermakna pemikiran panjang. Ada juga bayam yang berarti tentram, dan tauge yang diolah menjadi urap.

Nasi tumpeng.
 

Nah, jadi nasi tumpeng itu enggak sekedar makanan biasa, tapi mengandung banyak arti filosofis dibaliknya. Buat kamu yang ikutan lomba membuat nasi tumpeng, jangan sampai kelewatan ya lauk-lauk yang harus ada dalam nasi tumpeng.

WONDERFOOD

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments