hero
Sejumlah orang yang berkumpul menyelamatkan korban luka serangan Barcelona. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Agustus 2017, 13:00 WIB

SPANYOL

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir memastikan tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban teror Barcelona, Spanyol. Dia mengimbau kepada WNI di sana selalu berhati-hati terhadap ancaman penggentar.

"Begitu kami mengetahui ada terjadinya aksi teror tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Madrid langsung berkoordinasi dengan otoritas setempat," ujar Tata, sapaan Arrmanatha, di kantornya, Jumat, 18 Agustus 2017.

BACA JUGA:
Begini Kronologi Teror di Barcelona

Pasukan bersenjata Spanyol bersiaga di lokasi teror. (REUTERS)

 

 

Indonesia, kata Tata, turut berduka cita atas insiden yang menewaskan 13 orang dan membuat 100 lainnya terluka. Menurut Tata, pemerintah Indonesia juga mengecam aksi teroris tersebut.

Saat ini, ujar Tata, tercatat ada lebih dari 1.600 WNI yang menetap di Spanyol. 120 orang di antaranya tinggal di Barcelona. "Kami meminta WNI di Barcelona untuk sementara waktu hindari tempat yang sekiranya menjadi aksi teror."

Suasana setelah teror di Barcelona. (REUTERS)

 

Sedikitnya 13 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka akibat insiden van menabrak kerumunan orang di Las Ramblas, Barcelona, Kamis kemarin. Insiden itu menambah daftar serangan mobil yang diduga dilakukan penggentar di Eropa.

Polisi Catalunya dan petugas antiteror di Spanyol langsung turun tangan. Mereka memburu pengemudi van yang diduga kabur setelah melancarkan aksinya.

Mobil van putih yang dipakai penyerang meneror Barcelona. (REUTERS)

 

Pascakejadian di Las Ramblas, beberapa jam kemudian Polisi Catalunya mendapat indikasi serangan susulan di Cambrils. Petugas menembaki empat orang yang diyakini eksekutor dengan cara yang sama: menabrakan kerumunan orang.

DINA GURNING | REUTERS | CNN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments