hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

18 Agustus 2017, 15:21 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sebanyak 300 drone Intel akan menari dalam pagelaran Hitung Mundur Asian Games 2018 di Langit Monas, pukul 19.00 WIB malam nanti.

Direktur Ceremonies and Event INASGOC Wishnutama mengatakan, keberadaan drone akan mengangkat harkat Indonesia sebagai negara tuan rumah. Sebab, penggunaan drone ini adalah yang kedua di dunia setelah acara Super Bowl--final National Football League Amerika Serikat ke-51--Februari lalu.

"Drone ini kan belum pernah digunakan di Indonesia. Dan pasti akan menjadi perhatian lebih para penonton," kata Wishnutama.

 

 

Countdown Asian Games 2018 #dronemapping

Sebuah kiriman dibagikan oleh Darmawan Eko (@darmawan.eko) pada

Pertunjukan koreografi cahaya dari drone intel diberi nama Shooting Star Flash. Setiap drone ini memiliki empat baling-baling yang dipasangi lampu LED di bagian bawahnya.

Dalam video rehearsal yang diunggah oleh akun Instagram darmawan.eko, 300 unit drone tampak terbang membentuk formasi bertuliskan 'Asian Games 2018' dan orang sedang berlari membawa obor. Drone terbang selama kurang lebih 30 menit lalu kembali ke landasan. 

Dikutip dari Techcrunch, Drone tersebut memiliki kemampuan pemrogaman untuk menampilkan satu dari empat miliar pilihan warna dalam waktu bersamaan. Teknologi ini termasuk dalam kategori Internet of Things (IoT) yang sedang dikembangkan intel. 

Teknologi Shooting Star Flash dikendalikan oleh operator dengan bantuan piranti lunak. Seluruh rute pergerakan sudah di program sebelum drone diterbangkan.

 

Sebanyak 300 drone intel akan menari di langit monas dalam pagelaran Hitung Mundur Asian Games 2018, pukul 19.00 WIB malam nanti. (INTEL)

 

Dengan teknologi yang dimiliki, Intel memastikan tidak akan terjadi tabrakan antar drone. Mereka juga mengatakan, dengan teknologi tersebut, jumlah drone yang bisa diterbangkan tidak terbatas. 

Teknologi Shooting Stars telah dikembangkan sejak tahun 2015. Intel menggandeng Ars Electronica Futurelab, perusahaan rintisan asal Linz, Austria. 

Pada uji coba pertama mereka sukses menerbangkan 100 drone menggunakan 4 tenaga operator. Uji coba kedua dilakukan pada akhir tahun 2016 di Disney World, dalam uji coba itu Intel sukses menerbangkan 500 drone dalam waktu bersamaan.

Sebanyak 300 drone intel akan menari di langit monas dalam pagelaran Hitung Mundur Asian Games 2018, pukul 19.00 WIB malam nanti. (INTEL)

NET/ ADI SURYO

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments