hero
(ILUSTRSI BY: SAYID MUSTAGHFIRIN)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Agustus 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Buat kamu para pejuang diet, pasti paham banget deh susahnya menurunkan berat badan, meski hanya 1 atau 2 kilogram. Rasanya sudah sering menahan nafsu makan dan banyak beraktivitas, tapi berat badan enggak kunjung turun signifikan. Nah, mungkin kamu bisa coba beberapa resep minuman sehat dan alami berikut ini yang bisa membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Minuman Plum

Ramuan pelangsing dengan buah plum. (BRIGHTSIDE)

Caranya masukkan 100 gram potongan buah plum ke dalam toples, lalu isi dengan 2 liter air. Simpan di dalam kulkas dan saringlah terlebih dahulu sebelum diminum pada pagi hari.

Buah plum memiliki khasiat mengeluarkan racun dalam tubuh dan mempercepat penurunan berat badan dengan kandungan vitamin A, magnesium, dan zat besinya yang tinggi. Jangan konsumsi minuman plum lebih dari segelas dalam sehari, karena plum punya efek pencahar yang cukup kuat.

Minuman Madu dan Kayu Manis

Ramuan pelangsing dengan madu dan kayu manis. (BRIGHTSIDE)

Tuangkan segelas air ke dalam gelas, tambahkan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh bubuk kayu manis. Aduk sampai rata, dan minumlah ramuan ini setiap pagi sebelum makan.

Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah, membantu pencernaan, dan metabolisme tubuh. Mengganti asupan gula dengan madu juga ampuh untuk mencegah kenaikan berat badan.

Minuman Bibit Gandum

Ramuan pelangsing menggunakan bibit gandum. (BRIGHTSIDE)

Isilah seperempat toples berukuran 1 liter dengan bibit gandum, lalu isi toples dengan air sampai penuh. Minumlah 150 ml ramuan ini setiap sebelum makan, dan jangan lupa agar disaring terlebih dahulu.

Tekstur minuman ini memang tampak seperti berlumpur dan memiliki sedikit rasa sitrus. Namun, minuman bibit gandum ini baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan penceranaan, dan mengeluarkan racun. Minuman ini tepat untuk mendampingi proses diet detoks.

Minuman Lemon dan Jahe

Ramuan pelangsing menggunakan bibit gandum. (BRIGHTSIDE)

Isi air dalam gelas, campurkan dengan perasan setengah buah lemon, dan parutan setengah batang jahe. Aduk hingga merata sebelum diminum setiap pagi.

Jahe memiliki khasiat untuk mengeluarkan cairan berlebih dalam tubuh. Sedangkan, Lemon bermanfaat untuk menstimulasi kerja ginjal, membantu pengeluaran racun, dan mengatur pencernaan.

Minuman Bunga Dandelion

Ramuan pelangsing menggunakan bunga dandelion. (BRIGHTSIDE)

Siapkan toples ukuran 1 liter, isi dengan bunga dandelion tanpa daunnya, tuangkan air panas ke dalam toples, dan tambahkan beberapa sendok madu. Simpan minuman di dalam kulkas selama beberapa jam, kemudian saring.

Ramuan ini bisa menjadi pengganti minuman teh sehari-hari. Ya, teh dandelion sangat bagus jika didampingi oleh pola dan asupan makanan sehat setiap hari, dan akan mempercepat proses dietmu.

Jus Nanas

Ramuan pelangsing menggunakan buah nanas. (BRIGHTSIDE)

Minuman ini mudah banget dibuat, karena kamu hanya perlu membuat jus dari buah nanas yang punya banyak manfaat. Tapi ingat ya tanpa es batu dan gula!

Kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas sangat menyehatkan tubuh. Nanas juga dapat mengeluarkan cairan berlebih dalam tubuh. Enggak cuma lemak, kadang cairan tubuh yang terlalu banyak membuat berat badan kita naik.

Minuman Mentimun

Ramuan pelangsing menggunakan mentimun. (BRIGHTSIDE)

Minuman ini merupakan salah satu resep minuman yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Cukup campurkan 2 liter air dengan perasan 1 buah lemon, potongan mentimun segar, 1 batang jahe, dan 10 lembar daun min. Simpan di dalam kulkas selama 15 jam dan minumlah resep ini sebanyak 8 gelas selama 4 hari berturut-turut. Resep ini dapat membantu proses penguraian lemak dalam tubuh dan menghilangkan perut buncit.

Eits, tapi jangan lupa, supaya resep-resep minuman ini manjur, atur juga asupan makanan. Jangan sampai melebihi batas kebutuhan kalori harian tubuh, ya!

 

BRIGHTSIDE| PROGRESSIVEHEALTH| MEDICALNN

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments