hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 Agustus 2017, 08:45 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Bakso bulat seperti bola pingpong, kalau lewat membikin perut kosong...”

Penggalan lirik lagu anak-anak yang populer di tahun 80-90-an ini, rasanya sudah tidak relavan dengan tampilan bakso yang kian kreatif saat ini. Bentuk bakso kini tak lagi sekedar bulat seperti bola pingpong, ada yang sebesar kepalan tangan, kepala bayi, hingga bentuk hewan!

Variasi bentuk bakso saat ini juga makin meriah dengan hadirnya bakso tumpeng di Lesehan Mbayumili, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sesuai namanya, bakso ini berbentuk kerucut layaknya nasi tumpeng. Disajikan bersama kuah gurih, mie kuning, potongan tahu goreng, taburan seledri dan bawang goreng.

3 ukuran bakso tumpeng yang menggoda. (NET/Fiqih)
 

Yang lebih seru, ukuran bakso tumpeng ini ada 3 macam, yaitu S, M, dan L. Kamu tinggal pilih mana yang mau disantap. Saya memilih bakso tumpeng ukuran paling besar! Dan saya enggak salah pilih, karena di dalam bakso tumpeng berukuran L, kamu bisa menemukan cacahan daging sapi dan dua butir telur rebus.

Bakso pilihan saya sudah datang! (NET/Fiqih)
 

Bakso tumpeng hadir di Lesehan Mbayumili sejak Juli 2017. Sang pemilik lesehan, Eko Supriyanto, ingin membuat sesuatu yang berbeda dan ikonik. “Kenapa saya pilih bakso tumpeng, karena kreasi ini belum ada di Yogyakarta, dan ini juga sebagai ikon Merapi. Kan disini deket dengan Gunung Merapi. Karena itu bentuknya kerucut seperti gunung,” ujar Eko.

Bakso tumpeng, kreasi baru di Yogya. (NET/Fiqih)
 
Disajikan lengkap dengan mie kuning, tahu goreng, seledri dan bawang goreng. (NET/Fiqih)
 

Sejak hadirnya menu bakso tumpeng ini, lesehan milik Eko selalu ramai. Para pengunjung banyak yang datang karena penasaran dengan bakso tumpeng. Mereka mengetahuinya dari media sosial atau dari teman-teman yang sudah pernah mencicipi.

“Bakso tumpeng itu unik, belum ada dimana-mana, saya sampai cari-cari informasi di instagram dan facebook. Walau alamatnya agak jauh, tapi pas nyobain, rasanya ternyata enak,” kata Anang, pengunjung Lesehan Mbayumili.

Suasana di kedai lesehan Mbayumili. (NET/Fiqih)
 

Dalam satu hari, sekitar 100 mangkuk bakso tumpeng terjual. Harganya dibandrol Rp 10.000-20.000 per porsi. Kamu-kamu yang penasaran dengan bakso tumpeng ini, bisa datang mulai pukul 12.00-22.00 WIB, setiap hari. Selamat ngebakso, ya!

ALYSHA MEDYANA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments