hero
Pidato Jokowi di Sidang Tahunan MPR. (SETKAB)

EDITOR : REZA ADITYA

16 Agustus 2017, 12:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo meminta kepada semua lembaga negara saling menguatkan satu sama lain. Jokowi, sapaan Joko Widodo, tak ingin ada satu lembaga negara yang superior dan terkesan melakukan pelemahan terhadap institusi lain.

"Tidak ada satu  lembaga negara yang memiliki kekuasaan absolut, memiliki kekuasaan yang lebih besar dari lembaga negara yang lain," kata Jokowi, dalam pidato di sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Rabu, 16 Agustus 2017.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Iriana Jokowi (kedua kiri) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan) yang didampingi Mufidah Jusuf Kalla (kanan) pada pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen. (ANTARA)

 

Menurut Jokowi, jati diri bangsa dalam bernegara dibuktikan dengan penguatan antarlembaga negara. "Inilah kekuatan bangsa dan negara dalam menghadapi setiap tantangan."

Dalam sidang tahunan ini, Jokowi yang hadir didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan pakaian adat Bugis dari Sulawesi Selatan. Sedangkan Kalla, mengenakan busana adat dari Jawa Tengah.

Jokowi juga menyampaikan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa Indonesia bisa ditunjukan dari solidaritas antarlembaga negara. Menurut dia, hal itu bisa menjadi modal utama persatuan NKRI.

"Saya percaya, tugas yang maha berat itu akan bisa kita tunaikan apabila kita semua mau bersatu, mau bekerja sama, mau kerja bersama,” ujar Jokowi.

Dalam sidang tahunan itu, tampak hadir Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tak tampak hadir dalam acara itu.

Jokowi di Sidang MPR. (SETKAB)

 

Jokowi dalam sidang tersebut akan menyampaikan pidatonya sebanyak tiga kali. Pertama pidato terkait kinerja lembaga negara. Pidatonya yang kedua membahas soal kenegaraan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Pidato terakhirnya, Jokowi akan memberikan keterangan terkait Rancangan Undang-undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2018 serta nota keuangan.

CINDY MELODY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments