hero
(Cosmopolitan)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 Agustus 2017, 12:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Garis kerutan pada kulit biasanya wajar muncul jika memasuki usia 26 tahun. Namun, berbeda dengan Sara Geurts, seorang perempuan yang memiliki kulit mengkerut di sekujur tubuhnya sejak berusia 10 tahun.

Geurts divonis menderita sindrom Ehlers-Danlos yang membuat tekstur kulitnya mengendur dan melipat. Sindrom Ehlers-Danlos memiliki banyak tipe berbeda, namun Geurts menderita tipe klasik atau tipe dermatosparaxis.

(INSTAGRAM/sarageurts)

Penderita sindrom Ehlers-Danlos biasanya memiliki kulit yang sangat rapuh dan mudah terluka. Sindrom dengan tipe seperti Geurts membuat semakin banyak lipatan kulit muncul seiring pertambahan usia penderita.

Saat remaja, wanita yang kini tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat ini sangat terpukul dengan kondisi kulitnya, hingga ia selalu berusaha menutupi seluruh bagian tubuhnya yang mengerut. Tapi berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini, Geurts memutuskan untuk mengubah caranya memandang kondisi dirinya sendiri.

(INSTAGRAM/sarageurts)

"Saya mulai melihat diri dan tubuh saya dengan cara berbeda. Keunikan dan kelangkaan setiap garis yang terbentuk adalah seni dari pola-pola yang ada pada kulit saya," kata Geurts yang kini menyesal sempat memandang dirinya sendiri jelek karena keadaan kulitnya.

Geurts pun membuktikan kepercayaan dirinya dengan terjun ke dunia modelling. Kini, ia sering memposting foto-fotonya memakai lingerie maupun bikini di Instagram. Padahal dulu, Geurts paling enggan memakai tanktop atau baju lain yang memperlihatkan kulitnya.

(INSTAGRAM/sarageurts)

"Cita-cita saya dalam dunia modelling adalah mengubah standar sosial tentang kecantikan, dengan mentalitas kesempurnaan. Saya ingin menunjukkan bahwa ketidaksempurnaan dan keunikan adaah kecantikanmu yang sejati," cerita Geurts.

Selama beberapa tahun ini, Geurts sudah sering muncul sebagai pembicara publik dan menginsiprasi banyak orang. Ia ingin meyakinkan orang lain yang sedang dalam perjuangan untuk mencintai diri mereka sendiri apa adanya.

COSMOPOLITAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments