hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

14 Agustus 2017, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Siapa sih yang nggak mau menjadi seperti Gigi Hadid, Kendall Jenner, dan Adriana Lima? Mereka selalu terlihat fabulous, bisa keliling dunia, dan berlenggak-lenggok di catwalk sambil mengenakan pakaian rancangan desainer atau brand ternama.

Menjadi model memang terlihat menyenangkan ya. Tapi, sebelum kamu memutuskan mencari peruntungan di dunia modelling, mungkin kamu harus ketahui beberapa fakta berikut.

1. Harus sabar menunggu.

(THE LIST)

Menunggu memang membosankan. Tapi sepertinya kamu harus terbiasa kalau ingin menjadi model. 

Rachel Woods, seorang model sekaligus penulis mengaku kalau para model seringkali harus sabar menunggu sampai bosan seperti saat sesi makeup, penataan fotografi, antri casting, panggilan job, hingga giliran berjalan di runway.

2. Bayarannya tidak sebesar yang dibayangkan.

(THE LIST)

Di luar kehidupan glamornya, ternyata dunia modelling tidak akan membuat kamu punya pendapatan yang cukup besar. Mantan model Jessica Schiffer mengatakan jika belum menjadi supermodel biasanya para model harus membayar sendiri biaya syuting, casting, dan apartemen dari gaji mereka yang sedikit. 

Bahkan ada loh model yang terpaksa berhutang ke agensinya. Model internasional Emily Fox juga mengaku hanya menghasilkan tidak lebih dari US$ 20 ribu atau senilai Rp 266 juta dalam setahun. Hal ini akhirnya membuat kebanyakan model memilih memiliki pekerjaan sampingan.

3. Model laki-laki dibayar lebih kecil.

(THE LIST)

Bayaran tak seberapa itu juga diperparah kalau kamu laki-laki. Agen modelling Elizabeth Rose pernah mengatakan bahwa selisih pendapatan model wanita dan pria bisa mencapai 75%. Hal ini dikarenakan model wanita dianggap membutuhkan biaya lebih besar untuk produk-produk kecantikan.

4. Biaya masuknya mahal.

(THE LIST)

Untuk memasuki dunia modelling seringkali kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak demi membuat portofolio yang baik. Bahkan model Melinda Parrish menyarankan agar para calon model menyiapkan uang sekitar US$ 10 ribu atau Rp 133 juta sebelum memulai karir sebagai model. Uang tersebut untuk membiayai serangkaian tes foto agar diterima di agensi pilihan.

5. Menjadi model melalui Instagram.

(THE LIST)

Perkembangan dan perubahan teknologi juga mengubah cara perekrutan dunia modelling. Di zaman sekarang, banyak loh agensi yang menggunakan media sosial untuk menemukan para calon model.

Seperti agensi IMG Models yang telah merekrut 55 model dari 16 negara berbeda melalui Instagram. Kalau kamu ingin mencoba, Ivan Brat, Presiden IMG Models mengatakan cobalah mem-posting foto kamu yang paling natural dan jadilah diri sendiri.

THE LIST | TEEN VOGUE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments