hero
Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

13 Agustus 2017, 02:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada generasi milenial yang ingin menonton konser penyanyi beken asal Inggris, Ed Sheeran. Menurut Jokowi, sapaan Joko Widodo, anak muda harus hati-hati ketika nonton konser itu.

"Nanti Oktober, akan datang Ed Sheeran ke Indonesia, ini yang muda pasti senang semuanya," ujar Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, 12 Agustus 2017. "Hati-hati saya perlu mengingatkan."

Penyanyi asal Inggris Ed Sheeran. (THE SUN)



BACA JUGA:
Begini Gaya Jokowi saat Nonton We The Fest
Tips Jokowi untuk Milenial saat Nonton Konser Musik Luar Negeri

 

Hati-hati yang dimaksud Presiden adalah agar anak muda tidak tergerus dengan infiltrasi budaya yang dibawa oleh penyanyi kelahiran Halifax itu. Menurut Jokowi, tanpa disadari masuknya musik luar negeri ke Indonesia akan berpengaruh.

Pengaruh yang paling dikhawatirkan adalah soal perang ideologi yang melunturkan nilai-nilai kebangsaan. Jokowi menilai pertarungan ideologi saat ini masih berlangsung antar-negara. 

 

Bahkan menurut Jokowi, banyak orang yang mengira pertarungan ideologi telah berakhir pascarobohnya tembok Berlin. Padahal, kata Presiden, pertempuran paham masih berlangsung dengan berbagai cara. Salah satunya lewat musik.

"Kita sendiri sebenarnya punya, Nidji. Kita juga punya misalnya yang senang rok ada Superman is Dead, ada Burgerkill, Slank," ujar Jokowi. 

Menurut Jokowi, hendaknya perhelatan konser musik luar negeri di Indonesia dijadikan untuk pembelajaran. Misalnya, pembelajaran dalam hal penataan panggung,  penonton agar bisa mengimbanginya.

Presiden Joko Widodo (kiri) turut menyebutkan sila-sila Pancasila saat lagu tentang Pancasila dinyanyikan Penyanyi Giring Nidji  di Istana Bogor. (ANTARA)

 

"Kami memiliki semuanya budaya, tarian dari Sabang sampai Merauke," ujar dia. "Saya tidak mengerti berapa puluh ribu kita memiliki jenis tarian. Ini mengingatkan bahwa ideologi Pancasila bisa mengarahkan kita kembali kepada cita-cita kemerdekaan."

Ed Sheeran sedianya akan melangsungkan tur di Asia pada Oktober sampai November 2017 nanti. Mengacu pada situs resminya, penyanyi berusia 26 tahun itu akan manggung di Indonesia pada 9 November 2017.

ESTHER CRAMER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments