hero
(Ilustrasi/Sayid Mustaghfirin)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 Agustus 2017, 15:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pernah enggak kamu mengalami cinlok atau cinta lokasi? Kejadian ini biasanya terjadi di lingkungan sekolah, di kantor, atau di area lain yang memungkinkan orang saling bertemu dengan intensitas yang sering.

Nah, supaya kamu bisa membedakan apakah kamu cuma suka sesaat atau cinta betulan, berikut ini ada lima fakta tentang cinta lokasi yang kami kutip dari Indonesia Morning Show pada 11 Agustus 2017:

PERTAMA

(Pixabay)

Dari sisi psikologi, cinta lokasi adalah rasa sayang yang bisa timbul akibat sering bertemu. Ada penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa orang yang kamar asramanya berdekatan, bisa lebih dekat atau akrab satu sama lain.

Selain jarak, frekuensi pertemuan juga mempengaruhi terjadinya cinlok. Misalnya nih, saat di kantor kamu sering berjumpa orang yang sama dalam satu lift. Meski enggak kenal langsung, kamu tetap merasa sudah kenal dia karena sering melihat.

KEDUA

(Pixabay)

Cinta lokasi bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Biasanya faktor fisik atau kesukaan yang sama pada suatu hal, jadi daya tarik orang-orang yang mengalami cinlok.

Orang yang menarik bagi kita, berpotensi menghadirkan pikiran bahwa kita jatuh cinta sama dia. Tapi kalau kamu sadar ada ketertarikan dengan seseorang, bukan berarti harus langsung ditindaklanjuti ya. Apalagi buat kamu yang sebenarnya sudah memiliki pasangan.

KETIGA

(Pixabay)

Sudah berniat serius dengan pasangan, eh cinlok dengan teman kerja. Terus bagaimana dong? Untuk yang berada di situasi ini, pastikan apakah kamu benar-benar mau dengan teman cinlok kamu. Atau hanya antusias karena sering bertemu dan kerja bareng.

Hal ini perlu kamu tanyakan pada diri sendiri. Kalaupun kamu serius tertarik dengan seseorang, pastikan perasaan itu berbalik dan bukan hanya kamu yang merasakan.

Untuk yang niatnya lebih serius ke jenjang pernikahan, tentu ada hal lain yang perlu disikapi. Pertimbangkan juga pikiran dan komitmen dengan orang yang bakal menjadi pasangan kamu di masa depan.

KEEMPAT

(Pixabay)

Buat yang mengalami cinta lokasi, kamu juga perlu menjaga profesionalitas lho. Misalnya, kamu cinlok dengan teman di kampus. Kamu harus ingat kalau tujuan utama di kampus adalah belajar.

Begitu juga buat yang cinlok sama teman kantor. Jangan sampai pekerjaan kamu terbengkalai karena jatuh cinta. Jaga pikiran untuk tetap fokus dan patuhi juga aturan yang berlaku di perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa tetap semangat dan enggak salah kaprah karena mabuk cinta.

KELIMA

(Pixabay)

Cinta lokasi enggak selalu buruk kok. Buktinya ada banyak pasangan yang awalnya saling cinlok, terus lanjut sampai pernikahan. Bisa jadi pasangan cinlok kamu memang cinta sejati kamu.

Seiring berjalannya waktu, kamu bisa tahu apakah perasaan itu hanya emosi sesaat atau memang rasa cinta yang sebenarnya.

INDONESIA MORNING SHOW

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments