hero
Ilustrasi teroris. (PIXABAY)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Agustus 2017, 18:00 WIB

INDONESIA

Kepala Bagian Penerangan Umum Divis Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul menguak peran terduga teroris, Saka Panji Trisno,  yang dibekuk di Tangerang Selatan pagi tadi. Menurut Martinus, Saka perannya mengirim para jihadis.

"Keterlibatan yang bersangkutan adalah melakukan pendanaan kepada orang yang memberangkatkan ke Filipina dan Suriah," kata Martinus di kantornya, Jumat, 11 Agustus 2017.

Kontrakan terduga teroris yang digerebek di Tangerang Selatan. (NET)

 

Martinus belum mau mendetailkan mekanisme pendanaan yang dilakukan Saka saat memberangkatkan para jihadis ke Filipina dan Suriah. Saka saat ini berada di Markas Komando Brimob untuk diinterogasi.

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror dan Kepolisian Resor Tangerang Selatan menciduk Saka di kontrakannya di klaster Melia Grove, Kelurahan Paku Jaya, Serpong Utara. Penangkapan Saka berlangsung sekitar pukul 06.30 WIB.

Petugas masih berjaga di sekitar kontrakan terduga teroris di Tangerang Selatan. (NET)

 

Saka ditangkap saat hendak mengantar anaknya ke sekolah. Polisi mengintai terduga teroris itu sejak lama. Di klaster Melia, Saka tinggal bersama istri dan dua anaknya. Mereka sudah mengontrak di perumahan itu selama setahun.

Usai membekuk Saka, polisi menggeledah rumah kontrakannya itu. Sejumlah barang bukti diamankan, seperti dokumen, satu buah laptop, buku-buku jihad, satu buah alat rekaman suara, compact disc jihad, badik dan hardisk.

Rumah kontrakan terduga teroris yang digerebek di Tangerang Selatan. (ANTARA)

 

Sebelum membekuk Saka, Densus 88 menangkap tiga terduga teroris di Jambi. Tiga orang yang diyakini penggentar itu berinisial S, R dan RB. Mereka ditangkap di Desa Kasang Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi pada Kamis malam.

Martinus mengatakan ketiganya itu juga diyakini sebagai pengepul dana untuk memberangkatkan orang ke Marawi, Filipina. "Dan kemudian melakukan praktek membuat bahan peledak. Mereka masih diperiksa."

CHELZEA VERHOEVEN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments