hero
(METRO UK)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Agustus 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Buat kamu cewek-cewek, pasti pernah deh merasa malas cuci muka sebelum tidur. Ya, biasanya sih karena udah capek, ngantuk, ditambah lagi mager alias malas gerak. Padahal dilansir dari brightside membersihkan wajah setiap malam, sebelum tidur banyak lho manfaatnya, seperti berikut ini nih.

Jangan biarkan make up masih menempel di wajah saat kamu tidur. (ANEWS)

Mencegah Jerawat

Masalah jerawat itu enggak cuma muncul saat masa puber loh! Pori-pori yang tersumbat akibat wajah jarang dibersihkan juga bisa jadi faktor pemicu jerawat. Kalau kamu sedang mengalami masalah wajah berjerawat, pilh kosmetik yang tidak berminyak dan mudah dibersihkan.

Malas mencuci muka sebelum tidur dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. (BRIGHTSIDE)

Pakai micellar water saat membersihkan sisa make up di wajah pada malam hari. Micellar Water  merupakan pembersih wajah berupa air tanpa alkohol yang dapat memberishkan segala jenis kotoran, debu, dan make up.

Memperlambat Proses Penuaan

Malas membersihkan wajah sebelum tidur dapat menyebabkan penuaan dini. (BRIGHTSIDE)

Yup, ini bukan mitos tapi kenyataan kalau setiap malam kulit kamu itu beregenerasi. Kalau kulit wajah enggak bersih, kulit akan lebih cepat menua dan keriput akan muncul prematur pada wajahmu. Membersihkan wajah beberapa menit saja sebelum tidur bisa sangat berpengaruh untuk keremajaan kulit wajahmu loh!

Mencegah Alergi

Kulit kamu bisa saja rentan terkena alergi meskipun kamu tidak pernah menyadari gejalanya secara jelas. Tidur dalam keadaan wajah kotor bisa menyebabkan eksim pada kulit wajah dan permasalahan lainnya.

Malas membersihkan wajah sebelum tidur dapat menyebabkan alergi pada kulit wajah. (BRIGHTSIDE)

Mungkin gejalanya tidak langsung tampak. Tapi keseringan tidur dalam keadaan wajah masih penuh make up bisa membuat kulit jadi kemerahan, gatal, dan terasa terbakar.

Mencegah Pigmentasi Kulit

Malas membersihkan wajah sebelum tidur dapat menyebabkan timbulnya spot hitam pada kulit wajah. (BRIGHTSIDE)

Kamu pernah melihat spot hitam di kulit wajah orang lain? Atau jangan-jangan pada kulit wajahmu sendiri? Spot hitam yang sulit ditutupi itu enggak selalu akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan saja loh. Kebiasaan enggak membersihkan wajah sebelum tidur juga bisa memicu proses pigmentasi pada kulit wajah yang enggak normal.

Menjaga Bibir Tetap Lembap

Jangan biarkan bibir kering hingga pecah-pecah hanya karena malas mencuci muka sebelum tidur. (BRIGHTSIDE)

Mungkin kamu pikir, tanpa dibersihkan lipstikmu sudah pudar dengan sendirinya, tapi itu pemikiran yang salah. Meski tak terlihat, sisa-sisa lipstik atau lip gloss itu sebenarnya masih menempel pada bibir. Sehingga membuatnya semakin kering dan menjadi pecah-pecah.

Mencegah Kantong Mata

Kebiasaan enggak memebersihkan sisa make up sebelum tidur juga bisa menambah gelap area bawah matamu. Enggak mau kan matamu terlihat seperti mata panda?

Malas membersihkan wajah sebelum tidur dapat bisa menambah gelap area bawah mata atau mata panda. (BRIGHTSIDE)

Ya, mata panda adalah salah satu indikator kalau kamu jarang membersihkan wajah sebelum tidur malam. Area mata kamu akan terlihat lelah dan tidak segar.

Mencegah Rontoknya Bulu Mata

Kalau tidak dibersihkan, maskara akan terus menempel dan semakin mengering pada bulu matamu sepanjang malam. Akibatnya, bulu mata akan jadi rontok bersama dengan maskara yang mengeras.

Malas membersihkan wajah dapat membuat bulu mata menjadi rontok. (BRIGHTSIDE)

Kelopak matamu pun akan lebih mudah mengalami iritasi dan membengkak. Gunakanlah maskara yang mudah dihapus. Selain itu, kamu juga harus selalu membersihkan area mata dengan lembut menggunakan kapas. Gerakan memutar dan terlalu kasar saat membersihkan maskara bisa membuat bulu matamu rontok.

 

BRIGHTSIDE| DAILY MAIL| READER'S DIGEST

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments