hero
(YOUTUBE: MBRO)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Agustus 2017, 09:00 WIB

KOREA SELATAN

Kamu pernah menonton Mukbang di Youtube? Tahu enggak sih sebenarnya apa itu Mukbang dan asal-usulnya hingga menjadi populer saat ini? Ternyata, Mukbang berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Korea yaitu muk-ja (makan) dan bang-song (menyiarkan).

Ya, Mukbang merupakan kegiatan di mana orang biasa memperlihatkan kemampuan mereka makan dalam jumlah porsi sangat besar sambil berbicara pada penonton yang menyaksikan siaran melalui media online. Sejak dua tahun belakangan, Mukbang atau show makan-makan ini sudah menjadi tren tontonan di Korea Selatan, lalu menyebar ke Jepang, Eropa, Amerika, hingga Indonesia.

Seorang BJ sedang melakukan mukbang. (MONKEY NEWS)

Sebagai tren Korea Selatan, Mukbang merupakan siaran interaktif lewat situs layanan video streaming afreecaTV, di mana penonton bisa berkomentar langsung lewat chat atau memberi rating. Para pelaku Mukbang atau disebut juga Broadcaster Jockey (BJ) bisa menukarkan rating penonton dengan sejumlah uang.

Enggak heran, semakin banyak BJ yang membuat video Mukbang dengan ciri khasnya masing-masing. Berikut ini kumpulan video youtube Mukbang yang mempertontonkan para BJ menyantap sejumlah ayam goreng tepung super crunchy.

BJ Ddeong-Gae

BJ Mukbang yang satu ini enggak hanya hobi bikin video makan besar, tetapi membuat video dengan suara menggugah selera. Misalnya, dalam salah satu videonya Desember 2016 lalu, Ddeaong-Gae melakukan show makan ayam goreng crispy dengan suara "kriuk-kriuk" di sepanjang videonya.

Di hadapan lebih dari 500 ribu subscribersnya, ia sengaja enggak ngomong sama sekali, supaya penonton bisa fokus menikmati sensasi suaranya menyantap makanan. Ternyata banyak yang menikmati video Eating Sound seperti ini, terbukti video ini sudah ditonton lebih dari 4.5 juta kali sampai sekarang.

BJ Shoogi

BJ Shoogi bisa dibilang salah satu bintangnya Mukbang karena penampilannya yang cantik, mungil, dan imut. Badannya memang kelihatan kecil tapi porsi makannya saat Mukbang benar-benar mengejutkan, ia bisa menyantap puluhan potong ayam goreng atau dua piring besar ramen sekaligus.

Saat ini subscribersnya di Youtube sudah mencapai 550 ribu orang. Salah satu video terpopulernya yang ditonton sebanyak 5 juta kali adalah saat ia Mukbang Tteokboki, kue khas Korea yang terbuat dari beras. Selain rutin banget bikin video Mukbang, Shoogi juga beberapa kali upload video dengan tema berbeda, misalnya video tanya jawab dengan para fansnya.

BJ MBro

Kalau BJ yang satu ini punya ciri khas dengan video Mukbangnya yang berdurasi panjang, bisa mencapai 1,5 jam per video. Salah satu video Mukbang populernya adalah saat BJ MBro menyantap 5 ekor ayam panggang barberque lengkap dengan nasi putih yang menggunung.

Ia juga pernah mengupload video Mukbang ayam goreng sebanyak 40 potong sampai habis tak bersisa pada April lalu. Ekspresi BJ MBro  selalu terlihat menikmati makanannya, bisa banget bikin hampir 500 ribu subscribersnya benar-benar terbawa suasana makan enak.

BJ Suna

Subscribers Suna di Yotube memang belum sebanyak BJ Mukbang lainnya, namun Suna memang lebih fokus membuat video yang menggugah selera lewat suaranya saat makan. Juli lalu, Suna meng-upload video suara makan ayam goreng buatannya sendiri.

Ia merekam suara mulai dari prosesnya membumbui ayam, menggorengnya dalam minyak panas, hingga suara gigitan renyah saat ia makan ayam gorengnya. Enggak tanggung-tanggung, BJ Suna ini sampai memasang 2 mic sekaligus untuk memanjakan telinga penontonnya dengan suara makan yang terdengar jelas dan detail. 

 

YOUTUBE: DDEONGGAE| SHOOGI| MBRO| SUNA

 

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments