hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

10 Agustus 2017, 19:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Facebook akan mengembangkan konten video. Mereka akan bersaing dengan YouTube dan televisi, baik televisi berbayar maupun free to air.

Dalam waktu dekat mereka akan meluncurkan aplikasi baru bernama Watch. Sebuah kanal khusus berisi video bikinan sendiri serta video dari para rekanan Facebook.

Serupa dengan YouTube, Watch akan mempersonalisasi penontonnya. Penonton akan melihat tayangan-tayangan yang sering disaksikan oleh teman mereka.

Watch, aplikasi video yang akan diluncurkan Facebook. (FACEBOOK)

Penonton juga akan terhubung dengan penonton yang lain melalui kolom komentar ataupun berteman di grup-grup yang sama.

"Menonton tayangan tidak melulu dilakukan secara pasif. Ini (Watch) bisa menjadi sarana berbagi pengalaman dan bertemu orang-orang dengan kesukaan yang sama," tulis Mark Zuckerberg, CEO Facebook di lini masanya.

Facebook telah mengembangkan konten video sejak lama. Namun, masih terbatas pada video amatir dari pengguna dan video-video saluran portal berita yang menempelkan karya mereka di dinding Facebook.

Arah bisnis Facebook berubah. Kini, mereka mengisyaratkan untuk membuat konten sendiri.

Watch, aplikasi video yang akan diluncurkan Facebook. (FACEBOOK)

Kehadiran Watch bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi Facebook dan para pembuat konten. Pendapatan itu berasal dari iklan yang disisipkan di sela tayangan-tayangan video.

Beberapa rekanan telah mengantre untuk memasukan konten mereka ke Facebook, antara lain: Major League Baseball, pertandingan bola basket putri Amerika Serikat, serta program safari dari National Geographic.

Dilansir Reuters, Facebook juga menyasar pemirsa milenial. Mereka akan bekerja sama dengan Vox Media, BuzzFeed, ATTN, dan Nine Media.

Watch terlebih dahulu akan dirilis di Amerika Serikat, sebelum di luncurkan ke seluruh dunia. 

BBC | REUTERS

 

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments