hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

10 Agustus 2017, 11:40 WIB

AMERIKA SERIKAT

Ilmuwan dari Universitas Harvard dan Universitas Vermont Amerika Serikat mengungkap hasil penelitian terbaru mengenai media sosial: mengunggah foto diri dalam jumlah banyak merupakan tanda seseorang sedang depresi.

Dua kampus bonafid itu mendesain aplikasi canggih untuk mengetahui tingkat depresi. Aplikasi itu memiliki algoritma yang sanggup mendeteksi risiko penyakit jiwa pada masing-masing orang.

Orang depresi, dikatakannya, sering mengunggah foto bergambar wajahnya sendiri alias selfie. Sebagian besar foto orisinil: tanpa filter dan tidak melalui proses editing.

(Instagram/ @yuki_Sasou)

Dikutip dari jurnal EPJ Data Science, penelitian tersebut sanggup mendiagnosa pengidap depresi dengan tingkat akurasi mencapai 70 persen. Mengungguli diagnosa dokter, yang hanya memiliki akurasi sebesar 40 persen.

Fakta lain yang juga diungkap adalah: foto-foto yang diunggah orang depresi memiliki kecenderungan berwarna gelap dan menuai lebih banyak komentar dibanding unggahan orang sehat.

Aplikasi memindai satu per satu foto dengan rinci. Ia mencatat tanda-tanda khusus yang terdapat pada foto orang depresi. (PIXABAY)

"Peningkatan interaksi di media sosial baik bagi algoritma ini. Peluang ia mendeteksi orang-orang pengidap depresi menjadi lebih luas," kata Dr Christopher Danfort, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu.

Aplikasi tersebut telah digunakan untuk menganalisa 43950 foto. Foto-foto tersebut berasal dari 166 pengguna media sosial, di mana, 71 diantaranya adalah orang yang telah didiagnosa mengalami depresi. 

Kesimpulan akhir dari penelitian diperoleh dengan cara memindai satu per satu foto dengan rinci. Ia lalu mencatat tanda-tanda khusus yang terdapat pada foto orang depresi. 

EPJ DATA SCIENCE JOURNAL

34

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments