hero
(NET CJ/ Ayu)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 Agustus 2017, 12:05 WIB

BELANDA

Gouda merupakan kota di Belanda yang dikenal dengan sebutan Kota Keju. Dari sinilah keju jenis Gouda, yang khas dengan bentuknya yang bulat tebal serta rasanya yang khas berasal.

Yang menyenangkan, di kota ini, penduduknya masih konsisten mempertahankan tradisi membuat keju secara tradisional. Kemudian produk tersebut dijual di pasar keju yang hanya ada setiap hari Kamis, di sepanjang musim semi dan musim panas.

Di pasar keju ini bongkahan-bongkahan keju Gouda digelar di pusat kota mulai pukul 10 pagi sampai 1 siang waktu setempat. Uniknya, di sini kamu bisa menyaksikan transaksi jual beli keju Gouda yang dilakukan seperti zaman dahulu. Lucunya lagi, pedagang keju dan pembeli akan bertransaksi dengan cara saling menepukkan tangan mereka, hingga mendapat kesepakatan harga.

Jika sudah mendapatkan kecocokan harga pedagang dan pembeli keju Gouda saling berjabat tangan. (NET CJ/ Ayu)
Bongkahan keju yang dibeli diangkut menggunakan kereta kuda. (NET CJ/ Ayu) 

Setelah harga cocok, mereka pun akan saling berjabat tangan. Kemudian, bongkahan keju akan diangkut menggunakan kereta kuda. Biasanya, harga keju Gouda berkisar Rp 150 ribu per kilogram.

Keju Gouda, Belanda. (NET.CJ/ Ayu)

 

Pedagang keju Gouda menjajakan barang dagangannya di Pasar Keju, Belanda. (NET.CJ/ Ayu)
Pasar Keju Gouda, Belanda. (NET.CJ/ Ayu)

Selain menyaksikan transaksi keju yang unik, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan keju tradisional secara langsung. Pengunjung pun boleh berfoto dengan sebongkah keju yang beratnya bisa mencapai 10 kg itu.

Pengunjung bisa berfoto bersama pedagang sekaligus pembuat keju, sambil memegang keju Gouda. (NET.CJ/ Ayu)

Supaya lebih mudah, sudah tersedia lempengan keju palsu yang lebih ringan untuk berfoto kok. Suasana pasar keju juga diramaikan dengan beberapa remaja setempat yang memakai kostum tradisional Belanda. Sejumlah warga yang bermain alat musik dan lagu tradisional juga turut memeriahkan pasar keju ini.

Musisi jalanan di Pasar Keju Gouda, Belanda. (NET.CJ/ Ayu)

Pokoknya, kalau kamu penggemar berat keju, jalan-jalan di kota Gouda pasti bakal seru. Selain itu juga bisa menambah ilmu tentang keju-keju tradisional.

 

NET CJ AYU RURI SOFYANIEK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments