hero
(obat-penenang.com)

EDITOR : REZA ADITYA

4 Agustus 2017, 14:35 WIB

INDONESIA

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Besar Sulistiandriatmoko membeberkan efek berbahaya dari orang yang mengkonsumdi Dumolid. Menurut Sulis, obat itu dapat menimbulkan kecanduan.

"Nah Dumolid ini atau sifatnya hipnotik sedatif, yang dirusak pertama kali bisa susunan saraf pusat di otak," ujar Sulis, di kantornya, Jumat, 4 Agustus 2017. "Pemakaian jangka panjang orang itu nantinya lama kelamaan akan jadi lemot."

BACA JUGA:
Mengenal Dumolid, Narkoba Golongan IV yang Dikonsumsi Tora Sudiro
Ternyata Ini Alasan Tora Sudiro Tenggak Dumolid
Tora Sudiro Diciduk karena Narkoba

Obat penenang Dumolid. (PINTEREST)

 

Selain itu, kata Sulis, orang yang menyalahgunakan Dumolid kemampuan beraktivitasnya berkurang. Musababnya, dalam obat itu mengandung nitrazepam atau kategori benzodiazepin yang memiliki efek menenangkan.

"Itu membuat orang menjadi tidur, nyaman, dan rileks," ujar Sulis. "Makanya orang yang mengkonsumsi Dumolid itu biasanya memang untuk pengobatan atau mereka yang mengalami depresi ringan."

Sulis mengatakan Dumolid masuk dalam kategori psikotropika golongan IV. "Karena sifatnya yang dapat menimbulkan ketergantungan, maka peredarannya harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak bisa dijual bebas."

Obat penenang Dumolid. (PINTEREST)

 

Orang yang mendapatkannya juga menurut Sulis harus berdasarkan resep dokter. Denga kata lain, tidak bisa obat itu dijual bebas dan dibeli secara personal.

"Kalau tanpa pengawasan dokter atau  tanpa resep dan mendapatkan barang itu pasti dengan cara ilegal," ujar Sulis. "Nah di situlah letak pelanggaran hukumnya."

Dumolid menjadi booming setelah aktor Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia dibekuk Satuan Narkoba Kepolisian Resor Jakarta Selatan kemarin. Tora disangka melakukan penyalahgunaan obat keras tersebut.

Mieke Amalia (kiri) dan Tora Sudiro (kanan). (INSTAGRAM/t_orasudi_ro‚Äč)

 

Musababnya, saat diciduk di kediamanya di Bali View, Cireundeu, polisi menemukan 30 butir Dumolid. Tora mengaku menenggak obat keras itu bersama istrinya agar bisa  tidur setelah beraktivitas seharian.

Tora menjadi tersangka karena mendapatkan Dumolid secara ilegal tanpa adanya resep dokter. Aktor pemeran Indro Warkop dalam film Warkop DKI Reborn itu mengaku mendapat obat penenang dari temannya.

DARA AURORA | NURNI SARAFINA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments