hero
Tora Sudiro mengenakan masker di Polres Jakarta Selatan. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

4 Agustus 2017, 13:05 WIB

INDONESIA

Aktor Taura Danang Sudiro atau akrab disapa Tora Sudiro mengkonsumsi Dumolid sejak setahun yang lalu. Pengakuan Tora itu diungkapkan oleh Kepala Satuan Narkoba Polres Jakara Selatan Komisaris Polisi Vivick Tjangkung.

"Baru dua hari lalu, dia menggunakannya lagi, saat susah tidur," ujar Vivick, di kantornya, Jumat, 4 Agustus 2017. "Menggunakan satu tablet agar bisa tertidur pulas karena alasan untuk kegiatan aktivitas yang tinggi."

BACA JUGA:
Ini Fakta-fakta yang Harus Kamu Tau Soal Tora Sudiro
Tora Sudiro Diciduk karena Narkoba

Tora Sudiro (tengah) ditetapkan tersangka atas penyalahgunaan obat keras. (ANTARA)

 

Menurut Vivick, obat antidepresan itu didapat Tora dari seorang teman yang berkunjung ke rumahnya. Satu strip dumolid dibeli pemeran Indro Warkop dalam film Warkop DKI Reborn itu dengan harga Rp 255 ribu. 

Dalam satu strip itu, ada 10 butir obat yang mengandung nitrazepam, jenis kandungan kimia  benzodiazepin  dan sering digunakan oleh pengidap insomnia dan depresi. Polisi menemukan tiga strip Dumolid di rumah Tora saat dibekuk kemarin.

Polisi juga membekuk istri Tora, Mieke Amalia karena kedapatan juga mengkonsumsi Dumolid. Menurut Vivick, Mieke menenggak obat itu atas rayuan suaminya sejak enam bulan lalu.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia. (INSTAGRAM/ t_orasudi_ro‚Äč)

 

Dalam perkara tersebut, Tora ditetapkan tersangka penyalahgunaan obat. Dia dijerat Pasal 62 Undang-undang Psikotropika. Ancaman hukumannya lima tahun penjara.

Musababnya, Tora memiliki atau mengkonsumsi Dumolid tanpa resep dokter. Dumolid termasuk jenis psikotoprika golongan IV. Tata cara dan penggunannya diatur dalam Undang-undang Kesehatan dan UU Psikotropika.

Polisi tidak menjerat Mieke tersangka. Menurut polisi, istri Tora itu dianggap korban karena hanya menggunakan atas rayuan suaminya.

NURNI SARAFINA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments