hero

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

3 Agustus 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Kamu pasti pernah menyadari bahwa 24 jam dalam sehari itu masih belum cukup buat melakukan pekerjaan dan istirahat. Sayangnya, kamu enggak akan bisa menambah waktu 1 detik saja dalam sehari supaya bisa tidur lebih lama.

Namun, kamu bisa coba enam teknik tidur ini yang bisa membuat kamu merasa cukup tidur hanya dalam beberapa jam. Tapi, kalau kamu memang tertarik untuk mengubah pola tidurmu secara total, lebih baik tetap konsultasikan ke dokter dulu ya.

Teknik 6 Jam Tidur ala Nenek Moyang

Teknik 6 jam tidur ala nenek moyang. (BRIGHTSIDE)

Dulu, para nenek moyang tidur dalam dua fase. Yaitu 4 jam pertama, lalu bangun untuk berdoa atau membaca, kemudian kembali tidur selama 2 jam pada fase kedua.

Metode ini bisa dikatakan metode yang paling mudah dan nyaman untuk kebanyakan orang. Untuk masa adaptasi, kamu bisa menambah 30 menit lagi untuk setiap fase tidur.

Teknik 2 Jam Tidur ala Dymaxion

Teknik 2 jam tidur ala Dymaxion. (BRIGHTSIDE)

Metode ini ditemukan oleh Buckminster Fuller, di mana ia hanya tidur dengan mengambil waktu selama 30 menit setiap 6 jam. Menurutnya, teknik tidur ini membuat ia merasa lebih bersemangat.

Lalu, setelah dua tahun mencoba teknik ini, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan tubuhnya sehat-sehat saja. Meski begitu, banyak orang beranggapan teknik tidur ini termasuk cukup ekstrem untuk dipraktikkan.

Teknik 2 Jam Tidur ala Superhuman

Teknik 2 jam tidur ala Superhuman. (BRIGHTSIDE)

Banyak yang menganggap teknik tidur ini cukup efektif dan juga nyaman untuk dicoba. Leonardo da Vinci dan Salvador Dali adalah orang yang menggunakan formula ini yaitu tidur selama 20 menit setiap 4 jam dalam sehari. Syaratnya, tidak boleh ada waktu tidur yang terlewat atau kamu akan merasa lemah dan kelelahan.

Teknik 6,5 Jam Tidur ala Siesta

Teknik 6,5 jam Tidur ala Siesta. (BRIGHTSIDE)

Winston Churchill adalah tokoh yang patuh pada pola tidur ini, yaitu 5 jam tidur saat malam dan 1,5 jam tidur di antara jam makan siang dan makan malam.

Menurutnya, tidur di siang hari bukan berarti tidak produktif. Justru, sedikit waktu tidur pada siang hari bisa membuat kamu melakukan lebih banyak hal dalam satu hari.

Teknik 2 Jam 20 Menit Tidur ala Tesla

Teknik 2 jam 20 menit tidur ala Tesla. (BRIGHTSIDE)

Fisikawan Nikola Tesla hanya tidur 2-3 jam dalam sehari dengan menggunakan teknik ini. Formula tidur dalam teknik ini adalah 2 jam tidur pada malam hari dan 20 menit tidur pada siang hari.

Teknik 2,5 Jam Tidur ala Semua Orang

Teknik 2,5 jam tidur ala semua orang. (BRIGHTSIDE)

Ilmuwan mempelajari pola tidur bayi, orang usia lanjut, serta binatang seperti Gajah. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa rata-rata mereka dapat tidur dengan pola 2 jam dalam sehari.

Formulanya adalah 2,5 jam tidur pada malam hari dan 3 kali tidur siang pendek selama 20 menit pada siang harinya. Teknik ini dianggap cukup fleksibel dan mudah untuk diadaptasi.

Jika kamu belum siap bereksperimen dengan teknik-teknik tidur tersebut, tapi ingin bisa tidur cukup dan mudah bangun di pagi hari, cobalah pola aturan jam berikut ini. Praktikan dan latihlah tidur menurut pola aturan jam ini dan lihat seperti apa pengaruhnya pada kualitas tidurmu, ya.

Pola jam tidur yang disarankan. (BRIGHTSIDE)

 

 

BRIGHTSIDE| TELEGRAPH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments