hero
(PIXABAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

2 Agustus 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Pada kaki seseorang, ada beberapa zona refleksi yang berkaitan dengan berbagai organ internal tubuh. Dengan memijatnya, kamu bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan loh.

Pertama, kamu bisa mulai dengan memijat dulu seluruh bagian kakimu dan rendam dengan air hangat sampai rileks. Pijatlah dengan lembut, dan perlahan cobalah tekan titik-titik aktif selama 3-7 detik, mulai dari jempol hingga tumit kaki.

Kedua telapak kaki terbagi menjadi 5 zona. (BRIGHTSIDE)

Kedua kaki kanan dan kiri terbagi menjadi 5 zona. Dimana, zona-zona tersebut memiliki kaitan dengan area dan organ tertentu dalam tubuh, yang baik untuk diberi pijatan.

Zona Pertama

Titik zona pertama. (BRIGHTSIDE)

Zona ini terletak pada jari-jari kaki. Misalnya jempol kaki berkaitan dengan otak, pangkal kelingking berkaitan dengan telinga, pangkal jari tengah berkaitan dengan mata, dan seterusnya. Zona ini berlaku untuk kaki kanan dan kiri secara identik.

Zona Kedua

Titik zona kedua. (BRIGHTSIDE)

Zona ini berbeda antara kaki kanan dan kaki kiri. Titik refleksi untuk jantung di kaki kiri sangat disarankan untuk dipijat saat kamu merasa stres atau panik.

Zona Ketiga

Titik zona ketiga. (BRIGHTSIDE)

Pada zona ini, titik-titik refleksinya pun berbeda antara kaki kanan dan kiri. Pada kaki kanan ada titik refleksi untuk organ hati dan kantong empedu, sedangkan pada kaki kiri ada titik refleksi untuk limpa. Ada pun titik refleksi yang sama pada kedua kaki adalah titik refleksi untuk lambung, ginjal, dan pankreas seperti pada gambar.

Zona Keempat

Titik zona keempat. (BRIGHTSIDE)

Pada zona ini, baik di kaki kanan maupun kiri berfungsi sebagai titik refleksi bagi organ usus kecil dan usus besar.

Zona Kelima

Titik zona kelima. (BRIGHTSIDE)

Zona terakhir ini terletak di ujung tumit. Pada zona ini terdapat titik refleksi yang berkaitan dengan organ kelamin serta berkaitan dengan insomnia.

Nah, kalau saat kamu memijat dan menekan titik-titik refleksi pada kelima zona ini, lalu merasakan sedikit sakit, maka ada yang tidak beres dengan organ tubuh terkait. Cobalah untuk memijatnya terus dengan lembut dan menyeluruh.

Enggak perlu lama-lama kok untuk memijat refleksi kakimu sendiri. Cukup dalam satu menit saja kamu memijat dan menekan titik-titik refleksi sesuai petunjuk gambar.

 

 

BRIGHTSIDE| FIBROMYALGIA NEWS TODAY| NEWS VISION

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments