hero
Rizieq Shihab di sidang Ahok, Januari 2017. (NET/Athif)

EDITOR : TITO SIANIPAR

2 Agustus 2017, 17:55 WIB

INDONESIA

Pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab direncanakan akan kembali ke tanah air sebelum hari ulang tahun kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017. Tujuannya menghadiri milad FPI di tanggal yang sama, bukan karena kasus hukumnya.

"Sebenarnya kami berharap Habib Rizieq tanggal 15 sudah ada di sini karena FPI menginginkan dia hadir. Dan tidak ada kaitannya dengan proses hukum kalau dia pulang," kata Kapitra Ampera, pengacara Rizieq, Rabu, 2 Agustus 2017.

Meski pulang bukan karena diburu polisi, lanjut Kapitra, Rizieq sadar akan menghadapi semua kewajiban hukumnya. "Kalau dia pulang ke Indonesia artinya dia akan menghadapi semua permasalahan dan hal-hal yang ada di sini," ujar dia.

Kapitra Ampera, pengacara Rizieq. (NET/Tiafanny)

Rizieq ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan percakapan berkonten pornografi via WhatsApp dengan Firza Husein, 29 Mei 2017. Ia belum pernah diperiksa polisi dalam kasus tersebut.

Belakangan diketahui Rizieq berada di Arab Saudi. Sejumlah tokoh tanah air seperti Amien Rais, dan pengacara Eggi Sudjana pernah mengunjunginya di sana. Bahkan ketika lebaran lalu, Rizieq diketahui ke Yaman mengunjungi kerabatnya.

Kapitra menyatakan dengan keberadaannya kembali ke Indonesia, maka Rizieq bisa menyelesaikan kewajiban hukumnya. "Kami berharap hukum ditegakkan berdasarkan hukum, bukan berdasarkan order atau by target," pungkas dia.

LARAS PUTRI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments