hero
(FLICKR)

EDITOR : REZA ADITYA

29 Juli 2017, 06:00 WIB

INDONESIA

Kematian Ricko Andrean menambah daftar panjang tewasnya pendukung klub sepak bola antara Persib dan Persjia. Ricko yang merupakan bobotoh, sebutan lain pendukung Persib, tutup usia di tangan teman-temannya sendiri.

Penyebabnya, pemuda berusia 22 tahun itu dipukuli saat melerai pengeroyokan terhadap suporter lain. Pendukung yang dilerai Ricko adalah perselisihan bobotoh dengan The Jakmania di laga Persib Vs Persija Jakarta pada Sabtu pekan lalu.

BACA JUGA:
Kisah Ricko Andrean, Sang Bobotoh Penolong
Ricko Bobotoh Penolong Suporter Tutup Usia
Ridwan Kamil Berharap Pengeroyok Ricko Segera Ditangkap

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunggah foto harapan damai suporter Persib dan Persija. (INSTAGRAM/ridwankamil)

 

Ricko digebuki bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api lantaran diduga pendukung Persija. Kondisinya mengenaskan dan sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Santo Yusuf Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengecam tindakan brutal bobotoh itu. "Kami berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi. Mudah-mudahan Ricko yang terakhir," ujar Emil, sapaan Ridwan, di kantornya, Jumat, 28 Juli 2017.

Perseturuan pendukung Persib dan Persija sudah lama terjadi. Tak ada yang mengetahui secara persis penyebab dua kubu pendukung itu memanas.

 

Akibatnya, banyak nyawa hilang sia-sia lantaran perseturuan tersebut. NET.Z merangkum sejumlah nama-nama mereka yang tewas.

-22 Mei 2017
Agen Astava, 20 tahun, pendukung Persija. Agen diserang dengan senjata tajam oleh pendukung Persib di perempatan lampu merah Cibitung, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, setelah pulang menonton Pertandingan antara Persija melawan Bali United.

-6 November 2016
Harun Al Rasyid Lestaluhu alias Ambon, 30 tahun, pendukung Persija. Harun dikeroyok  saat perjalanan pulang di Tol Palimanan, Cirebon usai menonton pertandingan Persija melawan Persib di Stadion Manahan, Solo.

Suporter Persib yang menamakan dirinya Viking. (ANTARA)

 

-6 November 2016
Gilang, 24 tahun pendukung  Persija. Gilang tewas usai akibat jatuh dari kendaraan usai menonton pertandingan Persija vs Persib di Stadion Manahan, Solo. 

-6 November 2016
Didi, pendukung Persija. Meninggal setelah menonton laga Persija Vs Persib di Stadion Manahan, Solo. Penyebab kematiannya serangan jantung.

-23 Oktober 2016
Muhammad Rovi Arrahman, 17 tahun, pendukung Persib. Rovi tewas diserang rombongan Jakmania saat ingin menonton laga Persib Vs Persegres Gresik di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi.

-27 Mei 2012
Dani Maulana, 17 tahun, pendukung Persib. Dani meninggal akibat mengeroyokan usai menonton laga Persija Vs Persib di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Jakmania, suporter kesebelasan Persija. (ANTARA)

 

-27 Mei 2012
Lazuardi, 29 tahun, pendukung Persib. Dia tewas dikeroyok usai menyaksikan laga Persija Vs Persib di Gelora Bung Karno, Jakarta.

-27 Mei 2012
Rangga Cipta Nugraha, 22 tahun, suporter Persib. Rangga tutup usia lantaran ditusuk senjata tajam oleh oknum yang diduga Jakmania saat pertandingan Persija Vs Persib di Gelora Bung Karno, Jakarta.

ADO SURYO | DEASY JULIANI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments