hero
Kardus Aqua ditarik dari peredaran di Semarang. (NET/Yusuf)

EDITOR : REZA ADITYA

26 Juli 2017, 19:05 WIB

KOTA SEMARANG, INDONESIA

Ribuan dus botol air mineral merek Aqua berukuran 339 mililiter ditarik dari peredaran di sejumlah gerai di Semarang, Jawa Tengah. Penarikan dilakukan lantaran banyak ditemukan masalah pada air mineral dalam kemasan itu.

"Apakah rusaknya ini murni karena cacat produksi dari perusahaan ataukah ada dugaan dipalsukan, itu  akan kami dalami," kata Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Semarang Ajun Komisaris Besar Polisi Wiyono Eko Prasetyo, Rabu, 26 Juli 2017.

BACA JUGA:
Aqua Bikin Heboh Warganet​

Gerai yang terkena sidak penarikan produk air minum dalam kemasan Aqua di Semarang. (NET/Yusuf)

 

Tim Kepolisian Resor Kota Besar Semarang bersama supervisi distribusi Aqua Danone Semarang menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah gerai di Semarang, Rabu siang tadi. Sidak dilakukan untuk mencari kemasan Aqua yang diduga rusak.

Dalam sidak itu, petugas juga menemukan sejumlah tutup botol Aqua rusak alias bisa dibuka dengan cara dicungkil. Sebanyak 37 dus diamankan lantaran terbukti rusak di bagian tutupnya.

Inspeksi mendadak itu dilakukan setelah viral video di jagat maya soal keanehan pada tutup air minum dalam kemasan tersebut.

"Sementara langkah kami bersama distributor Aqua akan menyisir seluruh toko-toko dari pihak mereka yang telah didistribusikan," ujar Wiyono.

Kardus Aqua yang ditarik dari peredaran di Semarang. (NET)

 

Penyelia Distribusi Aqua Danone Yulis Kristianto mengatakan akan memeriksa kembali kualitas pengawasan semua produknya. Dia sadar sejumlah komoditas di Semarang banyak yang rusak.

"Hari ini kami lakukan penarikan semua ya," ujar dia. "Yang masuk produk Cianjur. Dari konsumen yang sudah didistribusikan akan kami tarik dan akan ditukar dengan barang yang baru."

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan kemunculan video yang mengungkap keanehan pada tutup botol Aqua. Video itu menyebar melalui WhatsApp Messenger.

Tutup botol Aqua yang bermasalah. (NET)

 

Dalam video itu ada sekelompok orang yang sedang berada di sebuah tempat memeragakan cara membuka tutup botol Aqua dengan hanya mencungkil bagian atasnya. Tutup botol Aqua yang dicungkil itu terlihat baru dikeluarkan dari dalam kardus.

Dari situlah kemudian Aqua Danone kelabakan dan mengecek seluruh produk. Direktur Komunikasi Danone Arif Mujahidin berjanji akan meningkatkan kontrol produknya terkait hal itu.

YUSUF HANGGARA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments