hero
Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat telah berlangsung selama sepekan. (ANTARA/Syifa Yulinnas)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

25 Juli 2017, 23:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Barat semakin meluas. Lahan yang terbakar mencapai 64 hektar di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Johan Pahlawan, Sama Tiga, Meureubo, Arongan Lambalek, Woyla dan Kaway.

Anggota Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jarwansyah mengatakan, lembaganya mengirim dua helikopter ke Aceh Barat. Helikopter akan mempercepat pemadaman api dengan cara water bombing atau pemboman air dari udara.

"Kami dari BNPB intinya melakukan pendampingan dan penguatan untuk mempercepat pemadaman api," kata Jarwansyah, Selasa, 25 Juli 2017.

Helikopter pengebom air BNPB. (NET/Munandar Syamsuddin)

Jarwansyah mengatakan, satu unit helikopter jenis MI 172 telah tiba di Bandar Udara Cut Nyak Dien, Nagan Raya, Selasa sore. Helikopter buatan rusia  ini dapat mengangkut air hingga empat ton. Sementara satu helikopter lagi adalah jenis Bell yang dapat menampung 1 ton air.

"Besok pagi kami mulai operasi dengan dua unit heli, malam ini briefing dahulu," tambah Jarwansyah. Dua unit helikopter ini akan memadamkan api setiap hari selama satu pekan ke depan.

Mobil pemadam tidak dapat menjangkau lebih jauh lokasi lahan terbakar. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kebakaran lahan gambut telah berlangsung selama satu pekan. Kebakaran terus meluas karena personel gabungan sulit memadamkan api. Pemadaman terkendala minimnya mobil pemadam dan petugas yang terbatas.

"Lokasi kebakaran memang sulit diakses. Mobil pemadam hanya bisa di pinggir jalan, tidak bisa masuk ke lokasinya. Jadi memang harus dari udara," kata Sutopo saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Prajurit TNI memadamkan api dengan cara manual di kawasan lahan gambut yang terbakar. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

BPBD Aceh Barat telah mengerahkan mobil pemadam setiap hari. Namun itu belum cukup untuk memadamkan api. Petugas terpaksa memadamkan api secara manual. Sejumlah personil TNI dari Kodim 0105 Aceh Barat, bahkan memadamkan api dengan batang dan ranting kayu di Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan.

Tidak hanya lahan gambut, kebakaran mulai merambat ke lahan milik warga. Zanial salah seorang warga mengatakan, sudah berusaha memadamkan api sejak kebakaran menjalar ke lahannya. Namun dia kewalahan karena kebakaran cepat meluas.

"Mematikan api secara manual sudah tidak bisa, ini sudah sangat luas," kata Zanial.

Sejumlah pengendara melaju di jalan yang dipenuhi kabut asap di Aceh Barat. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

BPBD Aceh Barat menduga kebakaran lahan gambut di Aceh Barat terjadi karena masyarakat membersihkan lahan dengan cara membakar sisa tanaman. Akibatnya api cepat menyebar ke lahan lain. Kebakaran itu menimbulkan kabut asap hingga ke daerah Meulaboh. Kondisi ini mengganggu aktifitas warga.

MUNANDAR SYAMSUDDIN | ADI SURYO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments