hero
Marinir dan KRI Surau penjaga laut Indonesia di Jakarta, 6 Juli 2017. (ANTARA/Aprillio Akbar)

EDITOR : TITO SIANIPAR

24 Juli 2017, 17:20 WIB

INDONESIA

Pemerintah Vietnam melansir insiden penembakan terhadap nelayannya di kawasan Laut Natuna Utara oleh tentara Indonesia yang melukai empat orang. TNI Angkatan Laut sendiri mengaku belum mengetahui insiden tersebut.

Laman berita Reuters melansir bahwa penembakan oleh Angkatan Laut Indonesia melukai empat nelayan Vietnam di atas kapal. "Dua nelayan terluka parah dan saat ini dirawat di Pulau Con Dau," tulis Reuters, Senin, 24 Juli 2017.

Insiden penembakan terjadi pada Sabtu, 22 Juli 2017 malam di sekitar 245 kilometer arah tenggara Pulau Con Dau. Keterangan itu terdapat dalam situs resmi lembaga pencarian dan penyelamatan (SAR) Propinsi Binh Dinh, Vietnam.

Nelayan dan kapal Vietnam ditangkap ilegal fishing, 14 Juli 2017. (ANTARA/Kanwa)

Diketahui bahwa titik koordinat tempat penembakan itu adalah di dalam wilayah Indonesia yang sekarang dinamai Laut Natuna Utara. Wilayah yang tadinya bernama Laut Cina Selatan itu memang masih dalam persengketaan beberapa negara.

Wilayah laut di utara Indonesia itu diketahui dalam tensi yang tinggi karena beberapa negara mengklaim berhak atas wilayah tersebut. Sebut saja misalnya Cina, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Taiwan.

Kapal-kapal Vietnam yang menangkap ikan di lautan Indonesia. (ANTARA/Kanwa)

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Gig Jonias Mozes Sipasulta mengaku belum mengetahui insiden terbaru tersebut. "Saya belum dapat infonya. Mohon tunggu," kata Gig melalui layanan pesan singkat.

ADI SURYO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments