hero
Petugas memadamkan api di lahan gambut. (NET/Munandar Syamsuddin)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

23 Juli 2017, 16:00 WIB

ACEH, INDONESIA

Sudah sepekan api membakar lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat. Kebakaran lahan gambut tersebar di empat kecamatan, yaitu, Kecamatan Arongan Lambalek, Johan Pahlawan, Mereubo, dan Samatiga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Barat Teuku Syahluna mengatakan, minimnya mobil pemadam kebakaran menjadi kendala pemadaman api. Dua unit mobil yang dikerahkan sangat kurang jika dibandingkan dengan luas lahan yang terbakar.

"Mobil (pemadam kebakaran) terbatas, petugas kami juga terbatas," kata Syahluna di lokasi kebakaran lahan, Minggu, 23 Juli 2017. Syahluna menambahkan, pihaknya sudah meminta ke Pemerintah Provinsi Aceh untuk menambah mobil pemadam.

Petugas berusaha memadamkan api di lahan gambut yang terbakar. (NET/Munandar Syamsuddin)

Menurut Syahluna, kebakaran lahan disebabkan pembukaan kebun baru oleh pemilik lahan. Petugas sudah berusaha memadamkan api sejak Jumat, 21 Juli lalu. Hingga hari ini, api belum berhasil dipadamkan karena luasnya lahan yang terbakar.

Polisi menduga lahan sengaja dibakar oleh pemilik. Polisi telah memeriksa dua warga yang bekerja di perkebunan. Keduanya masih dimintai keterangan sebagai saksi.

"Dua orang yang bekerja di lahan ini sudah kami mintai keterangan. Sementara untuk pelaku pembakaran belum kami dapatkan," kata Kapolsek Arongan Lambalek Ipda Fitriadi.

Lahan yang terbakar di Kabupaten Aceh Barat. (NET/Munandar Syamsuddin)

Polisi akan terus menyelidiki kasus kebakaran lahan untuk menangkap pelakunya. Pasalnya kebakaran lahan itu mulai menimbulkan kabut asap. Kabut asap menyelimuti ruas jalan Meulaboh-Banda Aceh. Kondisi ini mengganggu aktifitas warga.

Aidil, salah seorang warga mengatakan, selain mengurangi jarak pandang, asap tebal juga mengganggu pernafasan. "Kalau sudah tengah malam semakin tebal asapnya," kata Aidil.

Kabut asap akibat kebakaran lahan. (NET/Munandar Syamsuddin)

Berdasarkan data yang dirilis Pusdal Ops BPBD Kabupaten Aceh Barat, kebakaran lahan gambut tersebar di empat kecamatan. Di Kecamatan Sama Tiga, luas lahan yang terbakar mencapai 10 hektar. Di Kecamatan Johan Pahlawan, ada 14 hektar lahan yang terbakar. Sementara, 5 hektar lahan terbakar di Kecamatan Mereubo dan di Kecamatan Arongan Lambalek lahan yang terbakar mencapai 15 hektar.

MUNANDAR SYAMSUDDIN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments