hero
Andi Agustinus alias Andi Narogong di gedung KPK. (ANTARA/Reno Esnir)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

20 Juli 2017, 22:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Andi Agustinus alias Andi Narogong bungkam saat keluar dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Dicecar pertanyaan oleh wartawan, tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP itu berlalu cepat menuju mobil tahanan. Andi Agustinus diperiksa sekitar 5 jam oleh penyidik KPK.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pemeriksan Andi merupakan rangkaian awal penyidikan untuk tersangka e-KTP Setya Novanto.

"Hari ini kami mulai melakukan pemeriksaan pertama untuk saksi Andi Agustinus dalam proses penyidikan dengan tersangka SN," kata Febri di kantor KPK Jakarta, Kamis, 20 Juli 2017.

Andi Agustinus di dalam mobil tahanan usai diperiksa KPK. (NET/Yusuf Pamuncak)

Penyidik KPK, kata Febri mengggali peran Andi dan hubungannya dengan Setnov. "Untuk Andi Agustinus kami bertanya tentang peran-peran yang bersangkutan, pertemuan-pertemuan yang dihadiri atau termasuk relasi dengan tersangka SN, yang sebagian juga dalam fakta prsidangan sudah mulai muncul," jelas Febri.

Selama persidangan e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, nama Andi kerap kali muncul.

"Dalam fakta sidang kita juga bisa melihat bahwa memang ada peran-peran pihak tertentu termasuk 2 tersangka tersebut. Tentu akan diperdalam lagi dalam kasus mereka masing-masing dan diperdalam lagi indikasi aliran dana pada sejumlah pihak," tambah Febri.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (NET/Yusuf Pamuncak)

KPK menetapkan Setnov sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP pada Senin lalu. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, Setnov melalui Andi Agustinus memiliki peran dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa proyek e-KTP hingga pembahasan anggaran di DPR. Ketua DPR itu juga diduga mengkondisikan peserta dan pemenang pengadaan barang dan jasa e-KTP.

Menurut Agus, KPK mempunyai bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan Setnov sebagai tersangka. Kaitan antara Setnov dan Andi Agustinus diketahui setelah KPK mencermati fakta persidangan dengan terdakwa Irman dan Sugiharto.

YAKSA SEMBODO

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments