hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Juli 2017, 11:15 WIB

INDONESIA

Saat membeli produk makanan atau minuman dalam kemasan, pastinya harus perhatikan dulu komposisinya. Apalagi, hal tersebut dengan mudah dapat kita temui pada kemasan.

Namun tahukah kamu, dilansir dari Brightside, bahwa enggak semua produsen makanan benar-benar jujur menuliskan komposisi produk yang mereka jual lho guys. Seperti 7 produk dibawah ini.

Keripik Kentang

(BRIGHTSIDE)

Sebagian besar keripik kentang tidak dibuat dari 100% kentang. Kebanyakan produsen menggunakan tepung dan campuran pati.

Bahkan adonan keripik kentang yang mereka buat pun mengandung tidak lebih dari 42% kentang. Rasa kentang yang ada ternyata dibuat dengan bantuan perasa buatan.

Keju

(BRIGHTSIDE)

Kebanyakan produk keju yang dijual ternyata tidak selalu mengandung susu. Untuk menghemat uang dan menyederhanakan prosesnya, beberapa produsen mengganti susu dengan protein whey atau minyak sawit.

Produk Confectionery

(BRIGHTSIDE)

Berbagai produk confectionery seperti croissant dan sweet rolls, ternyata hanya memiliki isi yang hanya terdapat di tepian atau di tengah produknya saja. Jangan harap dapat melahap isian sesuai ekspektasi seperti gambar kemasannya.

Cokelat dengan Kacang

(BRIGHTSIDE)

Banyak produk cokelat yang menulis "berisi banyak kacang" dalam kemasannya. Padahal dalam satu bar coklat ternyata hanya terdapat 3 sampai 5 biji kacang yang dihancurkan.

Chicken Nugget

(BRIGHTSIDE)

Meski disebut chicken nugget, sebenarnya produk makanan yang mudah disajikan ini tidak banyak mengandung daging ayam. Faktanya, adonan untuk nugget hanya terdiri dari 50% daging cincang ayam, 50% sisanya adalah kedelai, dan daging sapi.

Kopi Instan

(BRIGHTSIDE)

Memiliki harga yang murah, membuat kopi instan tidak mengandung 100% kopi alami. Melainkan hanya kacang giling yang ditambah perasa, kemudian diolah sedemikian rupa agar menjadi bubuk kopi.

Mentega

Komposisi yang benar dalam produk mentega adalah susu utuh dan krim. Namun, kebanyakan dari produk mentega jaman sekarang bukanlah benar-benar mentega.

(BRIGHTSIDE)

Untuk mengetahui apakah mentega tersebut adalah benar-benar mentega, coba ambil dengan pisau. Jika menempel, kemungkinan itu adalah margarin bukan mentega.

Perlu diketahui, meskipun penampilannya serupa, margarin dan mentega adalah dua produk yang berbeda. Baik dari segi warna, aroma, bahan pembuatannya, kandungan kolestrol, dan teksturnya.

 

BRIGHTSIDE| DAILY TIMES

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments