hero
(FLORA HEALTHY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Juli 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Gatal-gatal di punggung, lengan, atau kaki saja pasti sudah menyebalkan, apalagi di miss V. Ya, gatal pada miss V seringkali bikin perempuan kesal karena terasa enggak nyaman.

Apalagi, tak jarang gatal tersebut menimbulkan iritasi atau rasa sakit yang lebih menyiksa. Kalau kamu pernah atau sedang menderita gatal pada miss V, mungkin berikut inilah penyebabnya.

Alergi

Alergi pada bahan kain pakaian dalam dan pelembut pakaian bisa memicu gatalnya miss V. (NY MAG)

Seringkali kulit di area miss V kamu enggak cocok dengan bahan kain pakaian dalammu. Atau, bisa jadi kulitmu alergi terhadap pelembut pakaian atau bahan kimia lain dari sabun atau krim pembersih. Kalau kulitmu sensitif, gunakanlah produk pembersih miss V antialergi.

Bakteri Jahat

Jamur dan bakteri umumnya adalah penyebab utama munculnya rasa gatal pada miss V. Untungnya, infeksi ini cukup mudah diatasi dengan krim atau probiotik. Jika gatal terus berlanjut, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapat resep yang lebih ampuh.

Infeksi Seksual Menular

 Gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah tertularnya penyakit seksual menular. (YOUNGISTHAN)

Miss V yang gatal bisa jadi gejala penyakit atau infeksi seksual menular, seperti herpes, klamidia, atau gonorhea. Ingat untuk selalu memakai alat proteksi saat berhubungan intim untuk mencegahnya.

Hormon

Saat masa menstruasi, kehamilan, menopause, atau mengikuti KB, hormon perempuan sering kali jadi tidak seimbang. Tidak seimbangnya hormon bisa memicu gejala miss V kering, iritasi, dan gatal-gatal.

Pembalut

Ganti pembalut 1-3 jam sekali saat haid. (WELLNESS)

Ini dia mengapa mengganti pembalut setiap beberapa jam saat menstruasi sangat penting. Kebiasaan memakai pembalut seharian bisa memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan gatal-gatal dan iritasi pada miss V.

Kondom

Kondom memang salah satu alat kontrasepsi yang baik untuk mencegah kehamilan. Namun, tak jarang bahan lateks pada kondom menimbulkan reaksi alergi pada kulit miss V. Kalau sudah begitu, cobalah ganti dengan merek kondom lain atau pertimbangkanlah alat kontrasepsi alternatif.

Stress

Stres dapat menjadi salah satu penyebab gatalnya miss V. (CITY NEWS)

Tanpa disadari saat stres, kamu punya kecenderungan untuk menggaruk bagian-bagian tubuh, termasuk miss V. Hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk karena sebenarnya ini hanyalah reaksi psikologis semata. Jika kamu mengalami ini dan kebiasaan semakin menjadi, jangan ragu untuk konsultasi ke ahli kejiwaan untuk mengatasinya.

Kanker

Kanker vulva adalah kemungkinan terburuk penyebab rasa gatal pada miss V. Apabila kamu merasakan gatal yang disertai dengan rasa terbakar dan rasa tidak nyaman yang ekstrem, segeralah cek ke dokter. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

 

ELITE DAILY| TEEN VOGUE| SELF

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments