hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Juli 2017, 11:15 WIB

INDONESIA

Kita tahu bahwa ikan adalah salah satu bahan pangan yang bergizi dan menyehatkan. Namun, kamu perlu tahu kalau ada beberapa ikan yang justru lebih merugikan kesehatan jika dikonsumsi. Inilah jenis-jenis ikan yang sebaiknya jangan terlalu sering kamu makan

Lele Dumbo

(BRIGHTSIDE)

Para peternak lele dumbo tak jarang memberi makan lele dengan hormon untuk membuat ikan tumbuh lebih besar. Untuk itu, makanlah lele yang tumbuh bebas karena mengandung nutrisi alami yang jauh lebih baik untuk kesehatan.

Makerel atau Ikan Selar

(BRIGHTSIDE)

Ikan jenis ini biasanya mengandung merkuri yang bisa menumpuk di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan. Lebih baik, pilih ikan makerel dari laut Atlantik yang paling aman untuk dikonsumsi.

Tuna

(BRIGHTSIDE)

Ikan satu ini juga banyak mengandung merkuri dan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi anak-anak. Terutama tuna sirip biru dan sirip hitam. Ikan tuna yang dipasok peternak biasanya juga telah diberi makan antibiotik dan hormon yang tidak sehat untuk dikonsumsi manusia.

Tilapia

(BRIGHTSIDE)

Ikan tilapia tidak banyak mengandung asam lemak yang menyehatkan. Justru ikan ini lebih banyak mengandung lemak kadar tinggi setara dengan lemak daging babi. Banyak mengonsumsi ikan tilapia bisa meningkatkan kadar kolestrol. Olahan ikan ini tidak direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung, asma dan artritis.

Belut

(BRIGHTSIDE)

Belut mengandung banyak lemak dan sangat mudah menyerap limbah kotoran dalam air. Belut di Amerika merupakan belut dengan level racun tertinggi. Begitu pula di Eropa, belut banyak mengandung merkuri.

Pangasius

(BRIGHTSIDE)

Ikan ini biasanya diimpor dari Sungai Mekong, Vietnam, salah satu sungai yang paling terkontaminasi di dunia. Selain itu, ikan pangasius juga mengandung sejumlah bahan pemicu kanker alias karsinogen.

Tilefish

(BRIGHTSIDE)

Ikan ini merupakan ikan yang paling banyak mengandung merkuri. Meski tidak terlalu populer di Indonesia, ikan ini sering dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena berbahaya.

Kakap Putih

(BRIGHTSIDE)

Ikan kakap putih atau seabass juga termasuk ikan yang mengandung merkuri. Hati-hati juga saat memesan ikan kakap putih dalam bentuk fillet di restoran. Tak jarang ikan diganti dengan jenis lain yang lebih murah, misalnya ikan pangasius.

Dollarfish

(BRIGHTSIDE)

Ikan ini banyak mengandung zat lemak bernama gempylotoxin yang sulit dicerna. Zat ini yang membuat ikan terasa seperti mentega namun ternyata berbahaya bagi usus. Ikan ini sebaiknya digoreng atau dipanggang sebelum dikonsumsi untuk mengurangi kadar gempylotoxin di dalamnya.

Tips Memilih Ikan

Dan, ingat juga untuk pintar-pintar memilih ikan yang segar ya! Ikan segar ditandai dengan sisik yang mengkilap, warna mata yang jernih, dan insang yang masih merah.

(BRIGHTSIDE)

Kalau membeli ikan di dalam tangki atau akuarium, pilih yang airnya bersih dan pilih ikan yang berenang di dekat dasar. Jangan juga sembarangan memasak ikan hasil tangkapan karena bisa jadi air tempat memancing mengandung banyak merkuri.

(BRIGHTSIDE)

 

BRIGHTSIDE| HEALTH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments