hero
Ilustrasi di tahanan. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

8 Juli 2017, 14:00 WIB

MESIR

Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi mengatakan empat mahasiswa Indonesia yang ditahan aparat keamanan Negeri Firaun sudah dibebaskan. Keempatnya dipulangkan ke Indonesia pada hari ini dan tiba di Jakarta besok.

"Dalam proses pemulangan ini, keempat mahasiswa tersebut didampingi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo," kata Helmy, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 8 Juli 2017.

Mahasiswa Al Azhar Kairo sedang berjalan di masjid di kampusnya. (REUTERS)

 

Empat mahasiswa itu adalah Rifai Mujahidin al Haq, asal Balikpapan; Adi Kurniawan, dari Bandung; Achmad Affandy Abdul Muis, asal Lampung; dan Mufti Al Banna. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo.

Helmy mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi dari pemerintah Mesir alasan empat mahasiswa Indonesia itu ditangkap. Keempatnya tercatat sebagai mahasiswa dan memiliki izin tinggal yang sah di Negeri Piramida.

Pada awal Juni kemarin, Kepolisian Mesir menangkap empat orang mahasiswa. Mereka ditangkap saat sedang membeli makanan untuk buka puasa di salah satu pasar di Kota Samanud, 130 kilometer sebelah utara Kairo.

Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir. (REUTERS)

 

Samanud merupakan daerah terlarang. Musababnya, di daerah itu ada seorang syekh yang sangat berseberangan dengan pemerintah mesir. Itulah sebabnya, setiap orang asing yang ke sana akan dicurigai dan ditangkap petugas keamanan.

Aparat penegak hukum Mesir tak hanya menangkap empat mahasiswa asal Indonesia itu, mereka bahkan menciduk warga negaranya sendiri. Diduga penangkapan itu karena polisi setempat curiga terhadap gerakan kelompok radikal.

TIM LIPUTAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments