hero
Demonstrasi di Hamburg jelang KTT G-20 (SKY NEWS)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Juli 2017, 13:05 WIB

JERMAN

Ribuan demonstran bentrok dengan polisi antihuru-hara Jerman di Hamburg, Kamis, 6 Juli 2017 malam waktu setempat. Kerusuhan itu bertepatan dengan kedatangan para pemimpin dunia jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.

Kelahi dipicu demonstran antikapitalis yang menentang penyelenggaraan KTT G-20. Pendemo mengenakan topi dan pakaian serba hitam beserta penutup wajah.

Petugas mengamankan demonstran di Hamburg. (REUTERS)

 

"Saya datang ke sini karena menentang KTT G-20," kata Nicklas, salah satu demonstran, seperti dilansir CNN, Jumat, 7 Juli 2017. "Ini adalah akar penyebab atau alasan di dunia. Perang bisa menjadi buruk, tapi kapitalisme membunuh."

Tiba-tiba polisi memaksa pengunjuk rasa membuka penutup wajah. Namun para demonstran menolaknya. Akibatnya, pendemo kesal dan melempari polisi botol dan bom asap. 

Polisi berupaya membubarkan barisan massa dengan meriam air. Demonstran bukannya bubar, malah balik menyerang aparat keamanan. Aksi saling pukul tak terhindarkan. Mobil dan kendaraan polisi yang ada di sekitar dirusak massa.

Aksi unjuk rasa menolak KTT G-20. (SKY NEWS)

 

Bahkan massa yang sudah terlanjur mengamuk menghancurkan beberapa toko di sekitar. Lokasi kerusuhan itu berada sekitar 3,2 kilometer dari pusat penyelenggaraan KTT G-20 di mana para pemimpin dunia berkumpul.

Akibat insiden itu, 76 polisi terluka parah dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Beberapa pengunjuk rasa juga diamankan petugas.

Massa antikapitalis yang berunjuk rasa di Jerman itu berasal dari seluruh dunia. Demonstrasi mereka bertajuk Welcome to the Hell", sebuah istilah yang dibawa pendemo lantaran tak setuju dengan konferensi G-20.

Aksi unjuk rasa menolak KTT G-20. (REUTERS)

 

Demonstrasi hingga hari ini terus berlangsung hingga akhir konferensi. Pelaksanaan pertemuan tingkat dunia itu berlangsung pada 7 Juli 2017 dan 8 Juli 2017.

CINDY MELODY | CNN | BBC | TELEGRAPH

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments