hero
(NET/ Aji)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 Juli 2017, 16:05 WIB

KOTA MALANG, INDONESIA

Menjadi seorang jurnalis di Net begitu menantang, dan tentunya menyenangkan. Pekerjaannya dinamis, kadang ditugaskan mencari berita yang sifatnya hard news. Tapi, enggak jarang juga aku diminta untuk liputan soft news, seperti wisata dan kuliner.

Ini salah satu fotoku saat liputan ke Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa timur. (NET/ Aji)

Nah, dua bulan lalu, tepatnya tanggal 31 Mei 2017 aku liputan jalan-jalan nih,Guys! Tepatnya ke Desa Pujon Kidul, yang terletak di Malang, Jawa Timur. Jadi, di sana udaranya sejuk banget karena dikelilingi pegunungan, ditambah pemandangannya yang indah.

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. (NET/ Aji)

Desa ini cocok banget untuk dijadikan tempat liburan bagi para pekerja di Ibu Kota Jakarta. Termasuk aku, yang hampir setiap harinya enggak lepas dari hiruk pikuk dan kemacetan Kota.

Biar semakin seru, aku memutuskan untuk berkuda sambil memandangi view kece di desa wisata ini. Berbekal pelana, helm, dan pengalaman menunggangi kuda selama beberapa kali liputan di sejumlah daerah, aku pun percaya diri menunggangi kuda menyusuri petak sawah dan kebun yang subur. Tapi tenang! bagi kamu yang newbie, petugas di sana siap mendampingi kamu berkuda.

Berkuda di tepi sawah merupakan kegiatan andalan di Desa Pujon Kidul ini. Nah, Bagi kamu yang mau mencoba pengalaman berkuda, siapkan kocek Rp 100.000 untuk sekali putarannya.

Serunya menikmati sensasi berkuda, sambil menikmati pemandangan sawah dan pegunungan. (NET/ Aji)

Puas berkuda, lanjut melakukan kegiatan seru lainnya, yakni memerah sapi. Desa ini memang terkenal dengan produksi susu sapinya. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai peternak sapi perah. Ada 800 keluarga yang punya peternakan sapi.

Setiap pagi dan sore, pemerahan satu ekor sapi mampu menghasilkan susu segar sekitar 7 liter setiap harinya. Kemudian, susu yang telah diperah akan diolah kembali di pabrik susu.

Desa Pujon Kidul juga terkenal dengan produksi susu sapinya lho! (NET/ Aji)

Guys, tak hanya memiliki wisata alam edukatif saja, desa ini juga memiliki berbagai pertunjukan budaya tradisional. Seperti Kuda Lumping, Tarian Sanduk, dan Pencak Silat.

Kalau lapar, kamu bisa melipir ke cafe sawah yang memiliki sejumlah gazebo mungil. Selain itu, di tempat yang baru dibuka tahun 2016 ini juga terdapat bunga-bunga yang disusun indah, hingga menjadi spot foto favorit.

Gazebo mungil yang ada di Cafe Sawah. (NET/ Aji)

Kece kan? Bisa jadi destinasi wisata baru kamu nih, kalau nanti jalan-jalan ke Malang, Jawa Timur. Tapi ingat, kalau jalan-jalan ke suatu desa, kamu harus menghormati adat budayanya, dan menjaga kebersihan lingkungan, ya! Selamat berlibur!


DARA AURORA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments