hero
Balon udara. (PIXABAY)

EDITOR : REZA ADITYA

30 Juni 2017, 11:05 WIB

INDONESIA

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santosa mengatakan lembaganya akan menerapkan sanksi bagi warga yang melepas balon udara. Musababnya, pelepasan balon itu mengganggu jalur penerbangan.

"Kenapa kami mengajak masyarakat untuk tidak melepaskan balon, karena kita memiliki jalur udara pantai utara Jawa," ujar Agus, Kamis, 29 Juni 2017. "Ini adalah jalur penerbangan terpadat nomor lima di dunia."

 

Balon udara di atas langit Jawa. (NET)

 

Agus mengatakan lembaganya sudah meminta pihak kepolisian untuk menangkap dan memenjarakan warga yang terlihat melepas balon udara dalam sebuah perayaan. Termasuk, dalam memperingati hari raya Lebaran di tahun-tahun berikutnya.

Balon udara yang boleh dilepaskan hanya ukuran kecil. Dengan ketinggian terbang maksimal 400 meter di atas permukaan tanah. Gelembung udara besar yang dilepas tanpa tali pengikat dapat terbang hingga ketinggian puluhan ribu kaki.

Balon udara yang dilepas warga di Jawa Tengah. (ANTARA)

 

Balin jenis itulah yang dapat mengganggu penerbangan pesawat komersial. Dalam Undang-undang tentang Penerbangan diatur bahwa setiap orang yang membuat halangan di jalur udara penerbangan dapat dipidana penjara paling lama 3 tahun.

General Manager AirNav Indonesia Kantor Cabang Solo Hengky Poluan mengatakan Indonesia bisa diberikan sanksi atas keberadaan balon udara di jalur penerbangan komersial.

" Bisa kena penalti oleh badan penerbangan internasional," ujar dia. "Bahwa wilayah Jawa Tengah itu tidak boleh dilewati oleh penerbangan internasional. Bahkan bukan hanya di Jawa Tengah saja."

Warga bersiap melepas balon udara di Jawa Tengah. (ANTARA)

 

Jalur penerbangan di udara Jawa Tengah dan Yogyakarta terganggu akibat maraknya balon udara. Tradisi sejumlah masyarakat sekitar yang melepas balon udara saat Lebaran, ternyata menimbulkan masalah.

Jelajah balon udara yang dilepas masyarakat bisa mencapai ketinggian 8 ribu hingga 15 ribu kaki. Setara dengan ketinggian pesawat komersial yang sedang melintas di udara.

KORNIAWAN ARIF

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments