EDITOR : FIRZA ARIFIEN

28 Juni 2017, 14:45 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Setelah dari Bali, Barack Obama melanjutkan liburannya ke Yogyakarta. Bersama sang istri, Michelle Obama, Presiden Amerika Serikat ke-44 itu akan mengunjungi sejumlah lokasi. Menurut informasi yang beredar, salah satu yang mungkin akan disambangi Obama di Yogyakarta adalah kawasan wisata alam Puncak Becici.

Wisata alam Puncak Becici di Bantul, Yogyakarta. (NET/Slamet Lestioro)

Lokasi wisata ini belakangan memang tengah digandungi oleh anak-anak muda. Puncak Becici sendiri terletak di Desa Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul. Dari pusat kota Yogyakarta, jarak tempuhnya sekitar 20 kilometer.

Pemandangan hutan pinus di kawasan wisata Puncak Becici, Bantul, Yogyakarta. (NET/Slamet Lestioro)

Selain menikmati rimbunnya hutan pinus, di Puncak Becici pengunjung juga bisa melihat suasana kota Yogyakarta dari ketinggian. Lokasi wisata ini kian favorit karena menjadi spot kece untuk berburu foto.

"Di Malang belum ada yang kayak gini. Di sini bagus buat foto, buat Instagram, biar hits gitu," kata Exsa Seli Ananda, salah satu pengunjung Puncak Becici asal Malang, Jawa Timur.

Pengunjung bersantai di kawasan wisata alam Puncak Becici, Bantul, Yogyakarta. (NET/Slamet Lestioro)

Ketika musim liburan seperti libur Lebaran, Puncak Becici selalu padat wisatawan. Seperti di libur hari raya Idulfitri tahun ini, sedikitnya ada 3 ribu pengunjung yang datang setiap hari. Tak hanya dari Yogyakarta dan sekitarnya, banyak juga pengunjung yang datang dari kota-kota lainnya.

"Ini terkenal sekali. Sudah lama mau ke sini tapi belum sempat. Datang ke sini karena bagus, tempat fotonya bagus-bagus," ungkap pengunjung lainnya, Angel Siwalete yang datang jauh-jauh dari Ambon, Maluku.

Salah satu lokasi berfoto di wisata alam Puncak Becici, Bantul, Yogyakarta. (NET/Slamet Lestioro)

Harga tiket masuk lokasi wisata alam ini memang terjangkau oleh semua kalangan, yaitu hanya Rp 3 ribu. Puncak Becici merupakan kawasan hutan lindung yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. 

Sejak berubah menjadi kawasan wisata, masyarakat setempat juga ikut merasakan hasilnya. Sedikitnya seratus warga yang dulunya tidak memiliki pekerjaan, kini bisa punya penghasilan tetap. Mereka rata-rata bekerja menjadi pemandu wisata, penjaga lahan parkir, hingga berjualan di kawasan wisata.

Warga setempat berjualan cenderamata di kawasan wisata Puncak Becici, Bantul, Yogyakarta. (NET/Slamet Lestioro)

SLAMET LESTIORO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments