hero
Doula Mila saat mendampingi Nagita Slavina, istri Raffi Ahmad. (INSTAGRAM)

EDITOR : TITO SIANIPAR

27 Juni 2017, 08:10 WIB

INDONESIA

Perempuan itu datang ke rumah sakit saat Dessy Rismawan alias Echi sedang pembukaan tiga di RSIA Kemang Medical Care. Ia membantu Echi menenangkan diri menghadapi sakitnya kontraksi persalinan, pertengahan April 2017. Kepada suami Echi, perempuan itu mengingatkan untuk terus membuat istrinya nyaman, apapun bentuknya, seperti pelukan, ciuman, belaian, dan kata-kata afirmatif.

Itulah yang dilakukan Jamilatus Sa'diyah terkait profesinya sebagai doula. Selain mendampingi penuh waktu, Mila --panggilannya-- juga memberi pijatan khusus kepada Echi dan menyuapinya dengan kurma atau madu di sela-sela kontraksi. "Juga merangkap sebagai birth photographer karena suami saya bawa kamera," tambah Echi, 26 tahun.

Mila saat mendampingi Echi. (INSTAGRAM jamilatus.sadiyah)

Kontribusi Mila (23 tahun) sebagai doula berhasil membuat Echi percaya diri dan bahagia menghadapi persalinan. Teknik relaksasi, rencana persalinan (birth plan), dan gerakan-gerakan yang menyamankan saat bersalin dipersiapkan.

Doula berasal dari Bahasa Yunani yang berarti  “seorang wanita yang berfungsi” atau “hamba". Menurut Organisasi Profesi Doula Dunia (DONA International), doula adalah seorang profesional yang terlatih dalam proses persalinan dan memberikan dukungan terus menerus untuk ibu sebelum, selama, dan setelah kelahiran. 

Kehadiran doula belakangan berhasil mengubah pandangan para calon ibu tentang proses kelahiran. Dari menakutkan menjadi momen indah tak terlupakan bagi ibu dan bayi. "Profesi doula saat ini sangat dibutuhkan. Permintaan pasar besar. Ini sebenarnya juga menjadi peluang untuk teman-teman bidan," kata Mila.

Salah satu kegiatan yang dibimbing doula. (INSTAGRAM)

Mila yang lulusan Akademi Kebidanan RSCM sudah tiga tahun menjadi doula. Kliennya termasuk kalangan selebritas mulai dari Nagita Slavina, Anna Gilbert, sampai Olivia Jensen. Ia mendampingi kliennya sejak sebelum bersalin hingga pasca persalinan. Tarifnya Rp 2 juta.

Doula memiliki peran yang mirip dengan tugas bidan, yakni mempersiapkan persalinan secara holistik mencakup jiwa, raga, dan pikiran. Untuk memperkaya ilmunya, Mila juga belajar hypno-therapist dari Lanny Kuswandi yang menjadi pembimbingnya.

Menurut Mila, hasil penelitian menunjukkan doula membuat persalinan normal naik 50 persen, memperpendek durasi persalinan 25 persen, mengurangi epidural 60 persen, mengurangi induksi persalinan 40 persen, mengurangi penggunaan alat forceps untuk mengeluarkan bayi 40 persen.

Salah satu tugasnya membuat ibu melahirkan dengan nyaman. (INSTAGRAM)

Namun berbeda dengan bidan yang memiliki sertifikasi di bidang medis, doula bukanlah tenaga medis. Doula tidak melakukan tugas-tugas klinis, seperti pemeriksaan dalam, pemantauan jantung janin, memberikan saran medis, dan sebagainya. "Sebetulnya sebagian materi untuk doula ada di materi kebidanan," ujar Mila.

Bagi doula yang berlatar belakang ilmu kebidanan seperti Mila, menjadi nilai tambah tersendiri. "Hal paling penting selama tiga tahun menempuh pendidikannya, saya sudah diperkaya dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan etika kebidanan," jelasnya. Mila ingin terus berbagi dan memotivasi lulusan kebidanan.

Mila hadiri kongres bidan di Spanyol. (INSTAGRAM)

Karena hasil penelitiannya, Mila diundang untuk mempresentasikannya dalam tiga kongres besar di Spanyol. Antara lain, Kongres Kebidanan Spanyol, Kongres Kebidanan Catalan, dan Kongres Internasional Kebidanan Region Eropa Selatan. Ia mewakili Indonesia dan didaulat menjadi pembicara terbaik.

FEBI PURNAMASARI

43

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments