hero
Sate Domba Garut. (NET/ Ervand)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

26 Juni 2017, 20:30 WIB

GARUT, INDONESIA

Kamu penggemar sate? Nah, kalau kebetulan lagi mudik melintasi daerah Garut, kuliner satu ini patut dicoba. Yup, sate daging domba Garut yang disajikan dengan bumbu saus kacang dan sambal maranggi.

Di Kafe Domba House Lasminingrat ini sate Garut jadi menu andalan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pataruman, Kecamatan, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat.

Domba Garut memang terkenal dengan kualitas dagingnya yang empuk. Apalagi daging yang dipilih yakni yang masih muda, di bawah tujuh bulan.

Proses pembakaran sate sendiri tidak jauh berbeda dengan sate umumnya. Namun, di sini sebelum dibakar, daging dibuang bagian urat dan lemaknya. Lalu, dengan resep warisan keluarga pemilik kafe, daging diolah untuk menghilangkan bau perengus. Kemudian, saat setengah matang, sate dicampur dengan bumbu kecap dan rempah-rempah, terus dibakar kembali hingga matang.

Sate dibakar di atas bara api. (NET/ Ervand)

“Daging domba itu terkenal bau perengus. Kita ada beberapa cara menghilangkan itu,” ujar Topan, pengelola Kafe Domba House, Minggu, 25 Juni 2017.

Sate domba Garut muda ini kemudian diletakan di atas hot plate agar panasnya terjaga saat disantap. Rasa daging sate yang manis pedas membuat para penikmatnya ketagihan. Tak heran, kafe ini selalu ramai pengunjung.

Sate daging domba Garut disajikan di atas hot plate. (NET/ Ervand)

“Pokoknya enak banget, biasanya daging domba ada baunya, tapi ini enggak ada. Disajikannya  masih ada suara panas gitu, unik banget,” ungkap Widi Rahmawati, salah seorang pengunjung kafe.

Pengunjung mencicipi sate daging domba Garut. (NET/ Ervand)

Harga satu porsi sate domba muda sekitar Rp 50.000, isinya terdiri dari dua puluh tusuk sate daging domba Garut. Harus rela antre, karena sepanjang libur lebaran, pengelola kebanjiran pesanan.

 

ERVAND LUGINA 

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments