hero
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

24 Juni 2017, 19:03 WIB

INDONESIA

Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hal itu disepakati semua pihak setelah melihat dua hal, hisab dan rukyat.

"Maka atas dasar laporan itu, seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah," kata Lukman, di kantornya, Sabtu, 24 Juni 2017. "Besok pagi kita bersama salat Ied."

Suasana Lebaran di sejumlah daerah. (NET)

 

Lukman mengatakan berdasarkan perhitungan atau hisab ketinggian hilal berada pada 3,38 derajat. Dari perhitungan itu, elongasi jarak busur bulan dan matahari berada pada posisi 5,06 derajat.

"Dan umur bulan dilaporkan berada pada 9 jam 15 menit 24 detik," ujar Lukman. "Dengan posisi itu, maka sesungguhnya keberadaan hilal berdasarkan hisab telah memasuki kriteria imkanul-rukyat."

Hasil hisab itu juga dikonfirmasi melalui penglihatan atau metode rukyat di sejumlah daerah. Setidaknya ada enam petugas yang telah disumpah oleh Kementerian Agama untuk menyaksikan hilal di Nusa Tenggara Timur.

Ketupat menghiasi sejumlah daerah. (ANTARA)

 

Hasilnya, enam petugas itu berhasil melihat hilal. "Kita berhasil menyepakati bahwa malam ini memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah," kata Lukman. "Demikian hasil laporan sidang isbat."

Perayaan Idul Fitri atau Lebaran tahun ini tak ada perbedaan. Perwakilan Nahdlatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia dan Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat sepakat besok Lebaran.

JANUAR YUDHA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments